MENGGUNAKAN METODE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS ISTILAH-ISTILAH SASTRA KELAS VII SMP NEGERI 2 ANGKOLA BARAT TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Elnila Caniago, Fita Delia Gultom, Kasma Wati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis istilah-istilah sastra dan untuk memperoleh informasi tentang penggunaan metode Question Studens Have (QSH)  berupa dampak langsung yang akan ditimbulkan terhadap peningkatan menulis istilah-istilah sastra kelas VII SMP Negeri 2 Kecamatan Angkola Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus yang dilaksanakan pada semester ke dua dengan subjek penelitian yang berjumlah 30 siswa. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini adalah : 1)  Ada peningkatan keterampilan menulis istilah-istilah melalui metode pembelajaran Question Studens Have (QSH) kelas VII SMP Negeri 2 Kecamatan Angkola Barat , 2) menggunakan media pembelajaran Question Studens Have (QSH) melaui tes yang diberikan kepada siswa memperoleh hasil peningkatan dimana pada siklus I terdapat nilai rata-rata siswa 74 sedangkan setelah dilakukan siklus II menjadi meningkat yaitu nilai rata-rata 88,5


Keywords


Question Studens Have (QSH), Menulis istilah-istilah Sastra, Siklus I dan II

Full Text:

PDF

References


Asyhar, Rayandra, 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran Referensi. Jakarta: Rajawali

Davies. Ivor.K..1978. Pengelolaan Belajar. Jakarta: CV.Rajawali

Dahar, Ratna.2006. Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: Erlangga.

Hasnun.2004. Pedoman dan Petunjuk Praktis Karya Tulis. Yogyakarta: Absolut.

Hamzah.2011. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Subyantoro.2009.Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Universitas Diponogoro Semarang.

Suparno dan Mohamada Yunus. 2009. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Keraf, Gorys.1995. Komposisi Pengantar Kemahiran Bahasa. Jakarta: Nusa Indah




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i3.426-430

Article Metrics

Abstract view : 320 times
PDF - 130 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.