IDENTIFIKASI SIFAT KUALITATIF DAN SISTEM PEMELIHARAAN KERBAU RAWA DI KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA

Wasir Ibrahim, Judo Laksono, Teguh Karyono

Abstract


 Tujuan penelitian ini untuk melihat potensi kerbau rawa di Kabupaten Musi Rawas Utara dengan melakukan indentifikasi sifat kualitatif. Sistem pemeliharaan dan jenis pakan yang digunakan untuk ternak kerbau rawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Penentuan lokasi dan peternak yang berada di desa yang akan dijadikan sampel penelitian di kecamatan dilakukan secara sengaja (purposive sampling) dengan pertimbangan bahwa masing-masing desa di kecamatan  merupakan salah satu sentra pengembangan ternak kerbau. Data yang dikumpulkan berupa data sekunder dan data primer. Data primer diperoleh dengan melakukan observasi dan wawancara langsung (Oral Survey) dengan petani ternak, serta berdasarkan tuntutan pertanyaan dengan quisioner (Written Survey) seperti karakteristik kerbau rawa, sistem pemeliharaan dan jenis pakan yang digunakan. Data sekunder diperoleh dari dinas instansi terkait dan literatur yang ada hubungannya dengan penelitian ini. Sifat kualitatif kerbau musi rawas utara dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kerbau yang ada di Kabupaten Musi Rawas Utara yang meliputi tujuh kecamatan yakni Karang Dapo, Karang Jaya, Muara Rupit, Ulu Rawas, Rawas Ulu, Rawas Ilir dan Nibung merupakan kerbau lumpur yang sama dengan kerbau lumpur ditempat lain baik itu dari sifat kualitatif, sistem pemeliharaan dan jenis paka yang dikonsumsi

 


Keywords


Kerbau Rawa, Sifat Kualitatif, Sistem Pemeliharaan.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2018. Kabupaten Musi Rawas Uatara Dalam Angka. Musi Rawas Utara. Indonesia.

Dudi. 2010. Sifat kualitatif dan kuantitatif kerbau lokal di Propinsi Banten. Jurnal Ilmu Ternak , Agustus 2019, Vol 11, No. 2., Hal 61-67.

Geisen, Marc J, Thomas D.M.,Massimo,P and Ducret,S. 2008. Hox paralog group 2 control the migration of mouse pontine neurons through slit robo signaling.PloS Biology. 6: e 142.

Harjadi, S. 2000. Pengantar Agronomi. Multi Aksara. Jakarta

Hamdan, A, Rohaeni,E.S, Subhan,A. 2010. Karakteristik Kerbau Kalang (Rawa) Sebagai Plasma Nuftah Di Kalimantan Selatan. Seminar Dan Lokakarya Nasional Kerbau. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian. Kalimantan Selatan.

Kurniawan, A. 2020. Tanaman Legume Sebagai Sumber Protein Hijau Untuk Pejantan. Balai Inseminasi Buatan Lembang. Bandung.

Krisnandi,G, D, Rahmat, Dudi. 2015. Identifikasi Sifat Kualitatif Dan Kuantitatif Kerbau Jantan Dewasa. Laporan Hasil Penelitian. Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran. Bandung.

Laksono, J., W.Ibrahim 2018 Pemanfaatan Pelepah sawit sebagai pakan ternak kerbau rawa (Beffelus asiaticus). Laporan Penelitian. Fakultas Pertanian Universitas Musi Rawas.

Laksono, J., dan T. Karyono. 2017. Pemberian Fosfat Dan Fungi Mikoriza Albuskular Terhadap Pertumbuhan Tanaman Legume Indigofera Zollingeriana. Jurnal Sain Peternakan Inonesia. Vol 12, No 1: 165-170

Muhakka, riswandi, a.i.m.ali. 2013. Karakteristik Morfologis dan Reproduksi Kerbau Pampangan Di Propinsi Sumatera Selatan. Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya. Palembang.

Nurhaita, N. Definiati, R. Zurina dan Edi E. 2011. Nilai Gizi dan Kecernaan Pelepah Sawit Fermentasi (Evaluasi secara invitro). Prosiding Seminar Nasional “Prospek dan Potensi Sumberdaya Ternak Lokal dalam Menunjang Ketahanan Pangan Hewani” Fak. Peternakan Univ. Jenderal Soedirman, Purwokerto

Susetyo, S. 2001. Hijauaun Makanan Ternak. Dirjen Peternakan Departemen Pertanian. Jakarta

Sianturi, R.G.,B. Purwantara,I.Supriatna,Amrozi Dan P. Situmorang. 2012. Optimasi Inseminasi Buatan Pada Kerbau Lumpur (Bubalus Bubalis) Melalui Tenkik Sinkronisasi Estrus Dan Ovulasi. Jurnal Ilmu Peternakan Dan Veteriner. Vol 17 Hal 92-99.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jac.v5i1.3084

Article Metrics

Abstract view : 2306 times
PDF - 1714 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Peternakan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. Raja Inal Siregar, Tanggal, Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Tel / fax : (0634) 21696 email : jurnal.peternakan@um-tapsel.ac.id
issn  Cetak  : 2548-3129    issn  Online : 2599-1736

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.