Penggunaan Tepung Limbah Kulit Kopi(Coffea arabica L) Dalam Ransum Terhadap Performans Burung Puyuh (Coturnix coturnix Javonica)

Asrul Pardede, Muharram Fajrin Harahap, Mukhlis Hasibuan

Sari


Tanaman kopi adalah spesies tanaman yang termasuk dalam famili Rubiaceae dan genus Coffea.  Tanaman ini tumbuh tegak, bercabang, dan tingginya dua sampai tiga meter.Penelitian ini telah dilaksanakan dikandang aneka ternak Mix Farming Experience Fakultas Peternakan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan selama enam minggu mulai bulan Januari sampai Maret 2017.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan tepung limbah kulit kopi (Coffea arabica L) dalam ransum terhadap karkas burung puyuh (Coturnix-coturnix javonica).Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan jumlah perlakuan (t) = 4 dan ulangan (n) = 6.  Dengan susunan perlakuan A0 = 0%, A1 = 5%, A2 = 10%, A3 = 15%.

Hasil penelitian penggunaan tepung limbah kulit kopi dalam ransum terhadap karkas burung puyuh, bobot rataan hidup yang tertinggi terdapat pada perlakuan A1 dengan  rataan bobot  hidup  80,50 gram, dan yang terendah terdapat pada perlakuan A2 dengan rataan berat hidup 60,67 gram. Rataan bobot karkastertinggi terdapat pada perlakuan A1 dengan berat 57,67 gram dan rataan  terendah terdapat pada perlakuan A2 dengan berat 39, 67 gram.Rataan Persentase karkas paling tinggi terdapat pada perlakuan A1dengan rataan 70,83 % dan yang rendah terdapat pada perlakuan A2 dengan rataan 64,66%. Rataan panjang usus tertinggi terletak pada perlakuan A1 dengan panjang 17, 53 cm dan rataan  terendah terdapat pada perlakuan AO dengan panjang usus 15.14 cm.Penelitian ini disimpulkan penggunaan tepung limbah kulit kopi dalam ransum burung puyuh mempengaruhi bobot hidup, tetapi tidak memberikan pengaruh terhadap berat karkas, persentase karkas dan panjang usus burung puyuh.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buwono. 2009. Perkembangan Ayam Broiler. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Ell dan kinanti. 1992. Puyuh Tata Laksana BudidayaSecara Komersial. Panebar Swadaya : Jakarta

Fadilah. 2005. Beternak Burung Puyuh. Penebar Swadaya. Jakarta

Hanafiah, K.A. 2003. Rancangan Percobaan Teori dan Aplikasi. Raja Gravindo Persada. Jakarta

Lesson,S and J. D. Summer. 2001. Nutrition of The Chicken. 4th Edition. Guelph,Ontario.

Mattjik, A.A. dan I.M. Sumertajaya, 2002. Perancangan Percobaan Dengan Aflikasi SAS dan Minitab Jilid 1. Edisi ke-2. IPB Press. Bogor.

Moran. 2010. Comersil Chiken Production Manual. Publising. Westport.

Priyatno. M. A. 1997. Mandirikan Usaha Pemotongan Ayam. Panebar Swadaya :Jakarta

Rasyaf M. 2002. Beternak Ayam Pedaging. Panebar Swadaya : Jakarta

Seoparno. 2005. Ilmu dan Teknologi Daging. Gadjah Mada Universitas Press: Yogyakarta

Sihombing, TP. 2011. Kopi Arabika (Coffea arabica). Institut Pertanian Bogor. 25(12):1

Wahju, J. 2004. Ilmu Nutrisi Unggas. Cetakan ke-5. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Sihombing, TP. 2011. Kopi Arabika (Coffea arabica). Institut Pertanian Bogor. 25(12):1

Wahju, J. 2004. Ilmu Nutrisi Unggas. Cetakan ke-5. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter View My Stats