Karakteristik Sifat Kualitatif Domba Di Ex Upt Pir Nak Barumun Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padanglawas

Aisyah Nurmi

Abstract


Peningkatan produktivitas ternak domba dapat dilakukan melalui penelitian mengenai Identifikasi Sifat-sifat Kualitatif Domba.Penelitian ini dilaksanakan di Unit Pemukiman Transmigrasi Perusahaan Inti Rakyat Pola Ternak (UPT PIR Nak) Barumun Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas, berlangsung selama dua bulan  mulai  bulan Juni hingga  Juli 2015.

Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh deskripsi sifat-sifat kualitatif Domba yang meliputi bentuk telinga, warna bulu, bentuk ekor dan bentuk tanduk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-analitik, data yang telah terkumpul selanjutnya diolah dengan bantuan komputer menggunakan Program Microsoft Excell.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa sifat-sifat kualitatif Domba lokal  di UPT Pir Nak Barumun  adalah sebagai berikut : bentuk telinga dominan berdaun hiris, dengan ekor berbentuk DEG, bentuk tanduk leang-leang dengan pola warna bulu dominan adalah putih tunggal,warna putih 21%, hitam 18.5% dan coklat 16.5% dan abu abu 2.75%. Kombinasi dua warna (warna hitam-coklat) yaitu; 15,25%, (coklta-putih) yaitu 13% diikuti kombinasi tiga warna (putih-hitam-coklat) 13%. memiliki pandangan mata yang tajam, cerah dengan bentuk, ukuran yang simetris dan normal; dan geraham atas dan geraham bawah sama rata serta normal bentuknya.

 


Kata Kunci : Domba Warna Bulu, Motif Bulu, dan Bentuk Tanduk


References


Anang,A. 1992. Beberapa Sifat Kualitatif dan Kuantitatif Domba Priangan jantan Tipe adu. Journal of Padjajaran University.

Budiarto, E. 2002. Biostatistika: untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta.

Departemen Pertanian. 2011. Prospek dan Arah Pengembangan Agribisnis Kambing Domba. Edisi ke-2. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Departemen Pertanian.

Ditjen Peternakan, 1991. Pedoman Standar Bibit Ternak di Indonesia,

Direktorat Bina Produksi Ternak, Jakarta: Direktorat Jenderal Peternakan.

Hardjosubroto, W & J.M. Astuti. 1994. Buku Pintar Peternakan. Jakarta: PT. Gramedia Widia-sarana Indonesia.

Menteri Pertanian. 2006. Lampiran Peraturan Mentan No. 57/Permentan/OT.160/10/2006 Tentang Pedoman Perbibitan Kambing dan Domba Yang Baik. Jakarta.

Mulyono, M. 2004. Teknik Pembibitan Kambing dan Domba. Jakarta: Penebar Swadaya.

Riwantoro. 2005. Konservasi plasma nutfah domba Garut dan strategi pengembangannya secara berkelanjutan. Disertasi. Program Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor, Bogor

Sumoprastowo, R.M. 1998. Beternak Domba Pedaging dan Wool. Jakarta: Bhratara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jac.v1i1.198

Article Metrics

Abstract view : 532 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 3678 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Peternakan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. Raja Inal Siregar, Tanggal, Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Tel / fax : (0634) 21696 email : jurnal.peternakan@um-tapsel.ac.id
issn  Cetak  : 2548-3129    issn  Online : 2599-1736

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.