SHARING POLA ASUH DAN TATA KELOLA MANAGEMEN KOMITE WALI SANTRI PADA SEKOLAH TKUI BIRRUL WALIDAIN SRAGEN PADA MASA “NEW NORMAL COVID-19”
Abstract
Setelah berakhirnya Covid-19, perlu dilakukan pendampingan kepada anak didik dalam menyesuaikan diri dengan masa kenormalan baru. Proses adaptasi dari daring ke luring menimbulkan kesulitan bagi anak-anak. Salah satu kuncinya adalah pola asuh yang berperan penting dalam perkembangan anak usia dini, termasuk karakter anak. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pola asuh dengan mendorong partisipasi orang tua dalam kegiatan belajar mengajar anaknya. Sosialisasi terkait parenting, kegiatan menyiapkan sarapan bersama, dan mengajar wali murid dilakukan. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan komunikasi dan pola asuh yang efektif antara orang tua dan anak dapat memperlancar proses belajar mengajar di sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amali, M. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring di Rumah. Tarbawi, 9(2), 129–140. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v9i2.3201
Anggraeni, C. S., Hidayati, N., Farisia, H., & Khoirulliati, K. (2020). Trend Pola Asuh Orang Tua dalam Pendampingan Model Pembelajaran Blended Learning pada Masa Pandemi Covid-19. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(2), 97–108. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i2.915
Apriani, F., Agustianingsih, I., Sartika, D., & Ridhanti, D. (2021). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA SUNGAISELAN ATAS PADA MASA PANDEMI COVID-19 Fitri. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4, 419–423. https://doi.org/10.31604/jpm.v4i2.419-423
Baidarus, B., Hamami, T., M. Suud, F., & Rahmatullah, A. S. (2020). Al-Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan karakter. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 71. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i1.2101
Haris, H., Nur, N. H., & K, R. N. K. (2022). Pemberdayaan KPM-PKH Dan Sosialisasi Perilaku Makan Untuk Pencegahan Kejadian Stunting Pasca Pandemik Covid-19. Locus Abdimas, 1(1), 24–31. https://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/view/28%0Ahttps://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/download/28/17
Kurniawati, W., & Atmojo, S. E. (2017). Pembelajaran Sains Bermuatan Karakter Ilmiah Dengan Alat Peraga Barang Bekas Dan Asesmen Kinerja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 49–59. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.8866
Kusumaningrum, D. E., Arifin, I., & Imam, G. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i1p%25p
Rahmatullah, A. S. (2014). KONSEPSI PENDIDIKAN KASIH SAYANG DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP BANGUNAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i2.649-654
Refbacks
- There are currently no refbacks.