SHARING POLA ASUH DAN TATA KELOLA MANAGEMEN KOMITE WALI SANTRI PADA SEKOLAH TKUI BIRRUL WALIDAIN SRAGEN PADA MASA “NEW NORMAL COVID-19”

Dewi Sekar Kencono, Azam Syukur Rahmatullah, Yuyun Purbokusumo, Pinta Astuti, I Putu Yoga Bumi Pradana, Catur Wulandari, Retno Dewi Pramodia Ahsani

Abstract


Setelah berakhirnya Covid-19, perlu dilakukan pendampingan kepada anak didik dalam menyesuaikan diri dengan masa kenormalan baru. Proses adaptasi dari daring ke luring menimbulkan kesulitan bagi anak-anak. Salah satu kuncinya adalah pola asuh yang berperan penting dalam perkembangan anak usia dini, termasuk karakter anak. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pola asuh dengan mendorong partisipasi orang tua dalam kegiatan belajar mengajar anaknya. Sosialisasi terkait parenting, kegiatan menyiapkan sarapan bersama, dan mengajar wali murid dilakukan. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan komunikasi dan pola asuh yang efektif antara orang tua dan anak dapat memperlancar proses belajar mengajar di sekolah.


Keywords


mentoring, parenting, early childhood

Full Text:

PDF

References


Amali, M. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring di Rumah. Tarbawi, 9(2), 129–140. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v9i2.3201

Anggraeni, C. S., Hidayati, N., Farisia, H., & Khoirulliati, K. (2020). Trend Pola Asuh Orang Tua dalam Pendampingan Model Pembelajaran Blended Learning pada Masa Pandemi Covid-19. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(2), 97–108. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i2.915

Apriani, F., Agustianingsih, I., Sartika, D., & Ridhanti, D. (2021). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA SUNGAISELAN ATAS PADA MASA PANDEMI COVID-19 Fitri. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4, 419–423. https://doi.org/10.31604/jpm.v4i2.419-423

Baidarus, B., Hamami, T., M. Suud, F., & Rahmatullah, A. S. (2020). Al-Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan karakter. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 71. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i1.2101

Haris, H., Nur, N. H., & K, R. N. K. (2022). Pemberdayaan KPM-PKH Dan Sosialisasi Perilaku Makan Untuk Pencegahan Kejadian Stunting Pasca Pandemik Covid-19. Locus Abdimas, 1(1), 24–31. https://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/view/28%0Ahttps://journal.tritunas.ac.id/index.php/LoA/article/download/28/17

Kurniawati, W., & Atmojo, S. E. (2017). Pembelajaran Sains Bermuatan Karakter Ilmiah Dengan Alat Peraga Barang Bekas Dan Asesmen Kinerja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 49–59. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.8866

Kusumaningrum, D. E., Arifin, I., & Imam, G. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i1p%25p

Rahmatullah, A. S. (2014). KONSEPSI PENDIDIKAN KASIH SAYANG DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP BANGUNAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i2.649-654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.