PELATIHAN PENYUSUNAN PROPOSAL PTK MELALUI MODEL PARTISIPATIF SECARA INTENSIF PADA GURU TK DI K3TK WILAYAH III KEC. SOMBA OPU

Sitti Asnaeni AM, Citra Amalia Amal, Nur Alim Amri, St Asriati Am

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini selain sebagai tri darma perguruan tinggi, kegiatan ini di latarbelakangi oleh semangat untuk meningkatkan kompetensi para guru TK/PAUD di Kecamatan SombaOpu Kabupaten Gowa. Untuk mewujudkan hal tersebut maka guru-guru TK/PAUD perlu dibekali kemampuan meneliti, bentuk penelitian yang paling tepat untuk para guru TK/Paud adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Para guru yang mau naik pangkat di wajibkan untuk melakukan penelitian dengan harapan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, PTK dianggap penelitian yang paling cocok bagi guru , karena persoalan yang sering dijumpai oleh guru terjadi dalam setiap kegiatan pembelajaran, Mengingat pentingnya penelitian tindakan kelas ini maka guru-guru yang dimaksud disini bukan hanya guru – guru dari kalangan pegawai negeri sipil, tapi guru yang berstatus swastapun(guru honor/yayasan) hendaknya dibekali dengan kemampuan melakukan penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini yaitu dalam bentuk pelatihan, sebagai berikut: 1) melakukan presentase; 2) diskusi; 3) sesi tanya jawab; 4) latihan pembuatan PTK kepada peserta baik individu maupun kelompok. Adapun tujuan dari pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah: 1) agar para guru-guru di Paud/TK dapat meningkatkan kompetensinya dalam menyusun karya ilmiah penelitian tindakan kelas; 2) Melatih para guru agar guru-guru di Paud/TK bisa membuat sendiri karya ilmiah kenaikan pangkatnya. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa: 1) pelatihan PTK sangat diperlukan oleh para guru-guru Paud/TK, disebabkan minimnya pengetahuan guru-guru Paud/TK dalam hal pembuatan karya ilmiah PTK; 2) Kemampuan guru dalam penggunaan IPTEK yang terbatas

Keywords


Kompetensi, Kualitas pembelajaran, Penelitian tindakan kelas, pelatihan,karya ilmia

Full Text:

PDF

References


Annury, M. N. (2019). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru melalui Penelitian Tindakan Kelas. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 18(2), 177. https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.3258

Asnaeni. (2014). Perubahan Sosial Ekonomi Komunitas Nelayan Di Kelurahan. 1 Juni 2014.

Asriati, S., Nappu, S., & Qalbi, N. (2022). Professional Education Program for Junior High School In-Service Teachers’ Social Competence. Jurnal Pendidikan, 14(2), 2563–2570. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1342

Farías-Bracamontes, J. C., & Flores-González, V. M. (2019). Personalidad resiliente y su relación con el desempeño en el aula de la Educación Media Superior. Revista de Educación Superior, 1–5. https://doi.org/10.35429/jhs.2019.7.3.1.5

Hamdani, R., Inggriyani, F., & Sukmaya, Y. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas Melalui Model Pelatihan Partisipatif Dengan Pendampingan Intensif Di UPTD Pendidikan Kecamatan Sagalaherang Kabupatn Subang. In Kebudayaan (Issue 022).

Muyasaroh, M., Kolidah, F. N., Adeliyah, N. S., & Mahfud, C. (2021). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pendampingan Pembuatan Video Pembelajaran Di Sd Muhammadiyah Benjeng. 4, 634–638.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3765-3771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.