WORKSHOP VIRTUAL MANIPULATIVE BERBASIS GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI GURU MTs/SMP ACEH TIMUR
Abstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) “Workshop Virtual Manipulative Berbasis Geogebra” bertujuan untuk membekali guru MTs/SMP Aceh Timur untuk meningkatkan kemampuan menggunakan Alat Peraga Maya dalam pembelajaran Matematika. Workshop ini dilaksanakan di Laboratorium Multimedia Sekolah mitra, MTsN 9 Aceh Timur. TIM PKM ini melibatkan tiga Dosen dan tiga mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNSAM. Peserta adalah 15 Guru mata pelajaran Matematika. PKM ini telah berlangsung dengan maksimal. Tim PKM dan Peserta telah mengikuti semua tahapan PKM ini mulai dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi PKM. Peserta sangat antusias dan telah mampu mendesaian dan menggunakan virtual manipulative berbasis geogebra dalam pembelajaran matematika, sehingga telah menghasilkan produk Virtual Manipulative terintegrasi dengan aktivitas siswa. Peserta mengharapkan kegiatan workshop virtual manipulative berbasis geogebra ini terus berlanjut lagi. Ini adalah indikator berhasil dan ketercapaian tujuan Kegiatan PKM ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, R.,dkk. (2019). Virtual Manipulatives Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Dimensi Matematika, 1(02), 6-18.
Fitzgerald, M. S., & Palincar, A. S.(2019) Teaching Practices that support student sensemaking across grades and disciplines: A conceptual review. Review of Research in Education; 43, 227 – 248.
https://journals.sagepub.com/doi/10.3102/0091732X18821115
Gafoor, K. A., & Kurukan, A. (2016) Why High school Students Feel Mathematics Difficult? An Exploration of Affective Beliefs. Conference; Pedagogy of Teacher Education; Trends and Challenge. DOI: 10.13140/RG.2.2.18880. 12800
Geogebra. Clasroom Resources. https://www.geogebra.org/materials
Kania, N. (2016) Efektivitas Penggunaan Virtual Manipulative terhadap peningkatan visual thinking siswa. Jurnal THEOREMS. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/download/291/269
Saiman, & Zaki, M & Wahyuningsih, P. (2020). The Ability Of
Teacher Using Properties “Bloker” Through Scientific Approach In Learning Mathematics. Journal of Physics: Conference Series. 1521. 032083.10.1088/17426596/1521/3/032083.
Salasiyah, C. I & Zaki, M. (2018) Analisis Kemampuan Guru dalam Menggunakan Alat Peraga Matematika di SMP Negeri 5 Langsa. Math Didactic; Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 202-209
Suparno Paul. (2001) Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i2.709-716
Refbacks
- There are currently no refbacks.