PERANAN MAHASISWA BAGIAN DARI PENGEMBANGAN PEMAHAMAN MELALUI SOSIALISASI PENCEGAHAN STUNTING PADA ANAK DI DESA SAMPALI, KEC. PERCUT SEI TUAN, KAB . DELI SEDANG, SUMATERA UTARA

Asahy Syadza Sudarmaji, Fadilla Annisa Nur, Olivia Erza Thania, Putri Fatmaya, Sakinah Warahmah

Abstract


Stunting adalah suatu keadaan dimana tingkat anak lebih terbatas dari tingkat anak-anak seusianya. Di Indonesia, hambatan masih merupakan kondisi medis dalam jumlah yang sangat besar. Hal ini disebabkan oleh kurangnya asupan makanan sehat yang terus menerus dengan tanda-tanda kekecewaan perkembangan (development faltaring) yang dimulai dari kehamilan sampai anak berusia 2 tahun. Inilah yang menjadi kekuatan kami untuk mengadakan sosialisasi penghambat, khususnya di Dusun XVIII, Kota Sampali, Kec. Percut Sei Tuan. Lokal, Toko Serdang. Yang diharapkan dapat memberikan data melalui sosialisasi melalui penghambatan antisipasi pada anak-anak yang telah selesai dari lingkungan IKIP Sumatera Utara, khususnya strategi pengumpulan informasi yang digunakan adalah dokumentasi, pertemuan, dan persepsi. Teknik wawancara ini diharapkan dapat mengumpulkan data tentang informasi tentang hambatan dan cara pencegahan hambatan yang dilihat oleh daerah saat ini. Saat ini tentang orang yang diwawancarai, untuk lebih spesifik area lokal di area KKN. Oleh karena itu, teknik ini sangat efektif dalam memberikan informasi tentang metode yang paling efektif untuk mencegah dan mengurangi hambatan di masa muda. Lebih lanjut, dipercaya bahwa dengan melakukan penyuluhan hambatan ini terkait dengan perkembangan anak, lebih banyak pertimbangan diberikan untuk mencegah hambatan dan mengurangi tingkat hambatan di Indonesia, khususnya di Kota Sampaii, Percut Sei Tuan, Pertokoan Serdang Rule.


Keywords


KKN Mahasiswa, Peranan Stunting

Full Text:

PDF

References


Syardiansah. 2019. Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. JIM U (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) 7, no. 1.

Ulil Albab Al Umar, Ahmad. Dkk. 2021. PERANAN KULIAH KERJA NYATA SEBAGAI WUJUD PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS IAIN SALATIGA KKN 2021). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 01, No. 01.

Syardiansah. 2017. PERANAN KULIAH KERJA NYATA SEBAGAI BAGIAN DARI PENGEMBANGAN KOMPETENSI MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017). JIM UPB. Vol 7 No.1.

Rahmadhita, Kinanti. 2020. Permasalahan Stunting dan Pencegahannya. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada. Vol 11, No 1.

Mitra. 2015. Permasalahan Anak Pendek (Stunting) dan Intervensi untuk Mencegah Terjadinya Stunting (Suatu Kajian Kepustakaan). Jurnal Kesehatan Komunitas. Vol. 2, No. 6.

Rahayu, Atikah, Dkk. 2018. Study Guide Stunting Dan Upaya Pencegahannya Bagi Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. Bantul: Yogyakarta.

Siswati T. 2018. Stunting. Sleman: Yogyakarta.

World Health Organization. (2014). Chillhood Stunting: Challenge And Opporturniyies. Report of a Promoting Health Growth and Preventing Chillhood Stunting Colloqium. WHO Geneva,34.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). Journal of physical A:Mathematical and Theoretical. 44(8).1-200

Budastra, C. G. 2020. Perkawinan Usia Dini di Desa Kebon Ayu : Sebab dan Solussinya. Jurnal Warta Desa (JWD), 2(1), 1-9.

Fitriahdi, E. 2018. The relationship between mother’s height with stunting incidence in children aged 24-59 months. Jurnal keperawatan dan kebidanan Aisyiyah, 14(1), 15 24.

Atikah,R.et al. (2018). Stunting dan Upaya PencegahannyaMorphology, T.C. (2017). 100 Kabupaten prioritas Untuk Intervensi Anak Kerdil ( Stunting).

Mutingah,Z.&Rokhaidah. ( 2021) . Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu sengan Perilaku Pencegahan Stunting pada balita. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia,5(2),49-57.

Arnelia. (2011). Kajian Penanganan anak Gizi buruk dan prospeknya. The Journal Of Nutrion and Food Rese arch, 34(1), 1-11.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3401-3407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.