OPTIMALISASI POJOK BACA MELALUI PEMBEKALAN GURU TK ABA DAN ORANGTUA DALAM MENDAMPINGI ANAK MENDONGENG (BERKISAH)

Nurul Aisyah, Yoni Astuti

Abstract


Agenda bercerita menjadi sangat menarik dan perlu, bilamana dalam rangkaian dongeng/ kisah termuat pesan moral yang dapat diambil oleh anak sebagai pendidikan akhlaq. Itu semua juga ditunjang dari segi fasilitas yang memadai di rumah maupun di Sekolah. Atas dasar ini maka penting untuk melakukanrevitalisasi dengan pengadaankembali fasilitas ruang belajar sebagai ruang berkisah berdongeng. Selain itujuga pengadaan buku-buku penunjang juga diperlukan. Revitalisasi sarana belajar dalamhal ini pojokbelajar (Pojok baca) maka sangat di perlukan bagi anak dan sekolah. Karena budaya literasi harus ditanamkan sejak usia dini bahkan kalau bisa sejak didalam kandungan sudah dibiasakan orangtua untukmembaca. Rutinitas membaca dari orangtua akan ditiru oleh anak. Dengan adanya ProgrampengabdianPKM ini akan mengajak sekolah dan kolaborator untuk merevitalisai pojok belajar dan ditambah kegiatanbelajar anak dan Parental Lecturing tentang budaya literasi yang harus ditanamkan dari lingkungankeluarga melalui peningkatan skill orangtua dalam mendongeng, begitupun kemampuan guru juga perludiasah kembali. Pelaksanannya: 1. Anak dan guru belajar bersama di pojok belajar; mendongeng danberkisah. 2. Pengadaan buku-buku usia anak TK membaca dan menulis Al-Qur’an, buku kisah para nabi, buku dongen fabel, buku menggambar, buku keterampilan otak kiri, kisah-kisah para nabi, sejarah nabi Muhammad dan praktek sholat. 3. Dengan pojok belajar yang nyaman proses belajar juga akan kondusif 4. Parental Lecturing tentang keahlian orangtua dan guru dalam menjadi story teller bagi anak usia TK.


Keywords


ABA Kindergarten Learning Corner, Storytelling Skills for Teachers and Parents, parental lecturing

Full Text:

PDF

References


Bafadal, Ibrahim. 2011. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Catapano, S, Fleming, J., & Elias, M. 2009. Building an effective classroom library. Journal of Language and Literacy Education [Online], 5(1), 59-73. Diakses melalui http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1068161.pdf

Hayati, A. Nur, Laras M. dan Mohammad S. Dampak Perpustakaan Kelas di Sekolah Dasar di SDN 1 Kutosari Kebumen. Solo: Universitas Sebelas Maret. Diakses melalui http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/indeks.php/snip/articel/view File/11175/7962

Teguh, Mulyono. 2017. Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti. Prosiding Seminar Nasional 15 Maret 2017.

Prasetyono, D. S. 2008. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Think.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3746-3750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.