PENINGKATAN VOCABULARY SISWA SMK KARYA BHAKTI BREBES DENGAN MENGGUNAKAN FILM YOUTUBE
Abstract
PKM yang dilaksanakan pada Senin, 23 Mei 2022 pukul 09.00-11.00 bertempat di SMK Karya Bhakti Brebes bertujuan untuk meningkatkan vocabulary siswa dengan menggunakan media pembelajaran film yang diambil dari Youtube. Subjek berjumlah 23 orang siswa yang berasal dari jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Dalam kegiatan tersebut juga dilengkapi dengan pretest dan posttest, dengan nilai rata-rata pretest untuk picture identification 7 dan post test-nya 8,17, nilai rata-rata pretest untuk word meaning 3,21 dan posttesnya 7,56 serta nilai rata-rata pretest untuk speeling 4,26 dan posttestnya 6,26. Diharapkan dengan adanya kegiatan PKM ini dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan vocabulary dengan media film Youtube yang dapat ditonton kapanpun dan dimanapun oleh siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulloh, et al. 2019. “Penggunaan Media Sosial (Youtube) Sebagai Media Inovatif Dalam Pembelajaran Di Madrasah Gresik.” Jurnal ABDI 5(1):33. doi: 10.26740/ja.v5n1.p33-37.
Nur, H.F, et al. 2021. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Youtube Untuk Meningkatkan Kualitas Dan Kreativitas Guru Bahasa Inggris SMK.” Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara 4(2):365–74. doi: 10.29407/ja.v4i2.15216.
Mariati et al. 2020. “Penggunaan Media Youtube Dalam Meningkatkan Kosakata.” PRANALA : Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis 0287 (Vo. 3, No. 1):102–12.
Indrayanti et al. 2021. “Virtual Storytelling Dan Analisis Kepecayaan Diri Siswa Dalam Berbahasa Inggris.” PARAVISUAL: Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Multimedia. (April):1–8.
Romadhon, SA, and Qurohman. MT. 2018. “Using Movie to Increase Students’ Vocabulary in Politeknik Harapan Bersama.” IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application) 1(2):104. doi: 10.31764/ijeca.v1i2.2149.
RASMAN. 2021. “Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Masa Pandemi Covid 19.” EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi 1(2):118–26. doi: 10.51878/edutech.v1i2.442.
Abdulloh, et al. 2019. “Penggunaan Media Sosial (Youtube) Sebagai Media Inovatif Dalam Pembelajaran Di Madrasah Gresik.” Jurnal ABDI 5(1):33. doi: 10.26740/ja.v5n1.p33-37.
Nur, H.F, et al. 2021. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Youtube Untuk Meningkatkan Kualitas Dan Kreativitas Guru Bahasa Inggris SMK.” Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara 4(2):365–74. doi: 10.29407/ja.v4i2.15216.
Mariati et al. 2020. “Penggunaan Media Youtube Dalam Meningkatkan Kosakata.” PRANALA : Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis 0287 (Vo. 3, No. 1):102–12.
Indrayanti et al. 2021. “Virtual Storytelling Dan Analisis Kepecayaan Diri Siswa Dalam Berbahasa Inggris.” PARAVISUAL: Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Multimedia. (April):1–8.
Romadhon, SA, and Qurohman. MT. 2018. “Using Movie to Increase Students’ Vocabulary in Politeknik Harapan Bersama.” IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application) 1(2):104. doi: 10.31764/ijeca.v1i2.2149.
RASMAN. 2021. “Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Masa Pandemi Covid 19.” EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi 1(2):118–26. doi: 10.51878/edutech.v1i2.442.
Romadhon, et al. 2017. “The Advantages of Youtube To Enhance Student’S Vocabulary in Mechanical Engineering Classroom.” Wiralodra English Journal 1(1):14–20. doi: 10.31943/wej.v1i1.13.
Suwarto et al. 2021. “Pemanfaatan Media YouTube Sebagai Media Pembelajaran Pada Siswa Kelas XII MIPA Di SMA Negeri 1 Tawangsari.” Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran 15(1):26–30. doi: 10.26877/mpp.v15i1.7531.
Wijayanti, A and Gunawan, Y.B. 2021. “Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Bantuan Media Video Pendek Youtube.” RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat 5(1):14. doi: 10.35906/resona.v5i1.637.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i6.2358-2363
Refbacks
- There are currently no refbacks.