PEMANFAATAN SAMPAH ORGANIK RUMAH TANGGA MELALUI PENGOMPOSAN DENGAN METODE TAKAKURA DI DESA BOGAK BESAR

Anna Tasya Putri, Nur Ainun Berutu

Abstract


Dewasa ini permasalahan sampah masih menjadi tantangan yang cukup besar.Salah satu upaya yang dapat di lakukan untuk mengurangi volume sampah adalah dengan cara pengomposan.Pada umumnya sampah paling banyak berasal dari aktivitas rumah tangga.Sampah yang dapat diolah kembali adalah sampah organik.Metode pengomposan ini menggunakan metode takakura karena metode ini cukup tepat dalam mengurangi sampah skala rumah tangga.Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara penyuluhan dan demonstrasi praktek dengan sasaran kelompok ibu – ibu PKK di Desa Bogak Besar Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai.Hasil dari kegiatan ini masyarakat antusias dan partisipatifi, dan kegiatan ini mampu menambah ilmu pengetahuan, wawasan , dan keterampilaan dalam pengolahan pemanfatan  sampah organik rumah tangga  menjadi kompos dengan metode takakura sehingga sampah organik sisa rumah tangga tidak hanya dibuang begitu saja. Dengan adanya kegiatan ini di harapkan dapat menambah perekonomian masyarakat.


Keywords


kompos,takakura,sampah,rumah tangga

Full Text:

PDF

References


Adella Atika Larasati, S. I. (2019). Pengolahan Sampah Sayuran Menjadi Kompos Dengan Metode Takakura. Jurnal Ikesma.

al, N. w. (2022). Pengolahan Sampah Rumah Tangga Yang Mudah dan Murah Sebagai Pupuk Organik Untuk Pelastarian Lingkungan Melalui Metode Takakura. Jurnal Gema Ngabdi, 2.

Anggoro.Hadiyanto, S. D. (2012). Optimasi Pengomposan Sampah Organik Rumah Tangga Menggunakan Kombinasi Aktivator Em4 dan Mol Terhadap Rasio C/N. Jurnal Ilmu Lingkungan.

Arrin Rosmala, D. M. (2020). Takakura Sebagai Solusi Penangan Sampah Organik Rumah Tangga . Jurnal Abdimas Galuh, 165-174.

Latifah Siswati, A. T. (2020). Manfaatkan sampah Rumah Tangga Menjadi Kompos di Kecamatan Minas Kabupaten Siak. Jurnal Prosiding PKM CSR, Vol 3.

Linda Noviana, T. S. (2020). Pemanfaatan Sampah Organik Sebagai Pupuk Kompos Ramah Lingkungan di Kelurahan Bhaktijaya Depok. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri.

Ratna Yulinda, M. F. (2021). Pelatihan Pembuatan Kompos dari Limbah Rumah Tangga Pada Kelompok PKK Desa Pematang Panjang Kabupaten Banjar. Jurnal Bubungan Tinggi , 262-268.

Widikusyanto, M. J. (2015). Membuat Kompos Dengan Metode Takakura.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i6.2219-2227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.