PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS WEBSITE LEARNINGAPPS DI TK CINTA IBU

Jojor Renta Maranatha, Nina Hasanah, Luthfiah Nur Istighna, Inarah Inarah

Abstract


Pandemi covid-19 yang tak kunjung usai mengakibatkan diberlakukannya pembelajaran jarak jauh atau daring. Selama pembelajaran daring dilaksanakan, guru dituntut sekreatif mungkin untuk merancang kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi digital untuk membuat bahan ajar. Tujuan dilakukannya kegiatan pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan inovasi dan kreatifitas guru dalam menggunakan teknologi di era digital dengan membuat bahan ajar digital berbasis website learningapps. Selain itu kegiatan pengabdian ini pun diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan di TK Cinta Ibu Purwakarta, yang beralamat di Jalan Terusan Kapten Halim Gang Adung T 04/RW 02 Kecamatan Pasawahan Kabupaten Purwakarta dengan sasaran yaitu 5 orang guru di TK Cinta Ibu. Hasil kegiatan pengabdian ini memperoleh cara mengaplikasikan pembuatan bahan ajar digital berbasis website learningapps, kemudian dengan berbagai macam ide para guru yang mengikuti pelatihan ini menuangkan berbagai inovasi untuk membuat bahan ajar sesuai dengan tema pembelajaran di sekolah. Pengabdian ini memberikan dampak yang positif dalam upaya meningkatkan inovasi pembuatan bahan ajar digital berbasis website learningapps yang dapat digunakan untuk pembelajaran dari rumah yang menarik dan menyenangkan.


Keywords


Kompetensi Guru, Bahan Ajar Digital, Learningapss

Full Text:

PDF

References


Dewi, F., Justicia, R., & Bayuni, T. C. (2022). Pelatihan Media Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Paud. Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5, 291–300.

Fazriah, S. L., Amani Hafshah, T., Renta Maranatha, J., & Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini, P. (2021). Penggunaan Media Film Animasi Bisu Untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini TK Kemala Bhayangkari 10 Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 1(1), 22–27. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCSEE/

Lusiana, T. S., Briliany, N., Purdhani, L. T., Suryani, C., Nuraeni, S., Alfiyah, & Maranatha, J. R. (2021). Edukasi Guru Dalam Pembuatan Infografis Media Pembelajaran Anak Usia 4-6 Tahun Menggunakan Aplikasi Canva Di TK Tunas Harapan. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 1(1), 8–14. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCSEE/article/view/33193%0Ahttp://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCSEE/

Nurcahyani, I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Web Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V Artikel Penelitian Oleh : Pontianak Tahun 2021 Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Web Materi Sistem Peredaran Darah Manusia.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 136 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, (2014).

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Suprihatinungrum, J. (2014). Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru. Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i5.1644-1651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.