PENDAMPINGAN UMKM TERDAMPAK COVID 19 GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DAERAH DI KOTA SUKABUMI

Asep Muhamad Ramdan, Leonita Siwiyanti

Abstract


Dampak pandemi COVID-19 tidak hanya melemahkan sektor kesehatan, tetapi juga  aktivitas ekonomi. Sektor riil, atau ekonomi mikro, sebenarnya harus beradaptasi melalui penerapan protokol kesehatan. Di awal pandemi, sebelum diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa provinsi, kota, dan kabupaten,  pedagang kecil, pedagang asongan, dan orang-orang yang bekerja di sektor ekonomi harus kehilangan 20 hingga 60 persen dari penjualannya. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di wilayah kota Sukabumi. Kegiatan ini dilakukan selama 45 hari dari mulai melakukan pemetaan sampai dengan pendampingan berupa penyuluhan dan pelatihan kepada para pelaku UMKM yang terdampak oleh covid 19 ini. Pendampingan ini diberikan oleh dosen dan mahasiswa KKN UMMI  di wilayah kota Sukabumi sebagai hasil penyusunan peta potensi produk unggulan kota Sukabumi, meningkatkan pemahaman masyarakat sebagai pelaku usaha UMKM di Kota Sukabumi, meningkatkan kemungkinan digitalisasi bisnis dengan meningkatkan pendapatan dan memperluas jangkauan pemasarannya


Keywords


Pemetaan, Penyuluhan, Pelatihan, UMKM, KKN-T, Kota Sukabumi

Full Text:

PDF

References


Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 233–247.

Centre, Sdg. (2020). Pemberdayaan UMKM dalam mencapai SDGs. UNDIP. https://sustainability.undip.ac.id/2020/08/25/pemberdayaan-umkm-dalam-mencapai-sdgs/

Chaerani, D., Talytha, M. N., Perdana, T., Rusyaman, E., & Gusriani, N. (2020). Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan.

Dharmakarya, 9(4), 275. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v9i4.30941

Farizki, F. I., Salamah, R., Mutiah, T. S. R., Wardhani, W. K., & Siddi, P. (2020).

Penyuluhan Umkm Di Era New Normal Dengan Memprioritaskan Ekonomi Digital Marketing. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 620. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3374

Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Marka, M. M., Azis, N., & Alifiana, M. A. (2019). Pengembangan Umkm Madumongso Melalui Manajemen Usaha Dan Legalitas Usaha. Jurnal Abdimas, 22(2), 185–192.

Raharja, J., & Natari, S. U. (2021). OPTIMALISASI PENGGUNAAN DAN PENGELOLAAN MEDIA DIGITAL. 4(1).

Rahmi, Latifah, H., Rakhim, A., Syamsuri, A. S., Ali, M. Y., Hasanuddin, Chadijah, A., Burhanuddin, & Bancong, H. (2021). PENGEMBANGAN UMKM DAN INDUSTRI KREATIF MELALUI KULIAH KERJA NYATA MUHAMMADIYAH AISYIYAH (KKN-MAs) DI KABUPATEN LOMBOK UTARA. 5(2), 10–18.

Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206–217. https://doi.org/10.47233/jiteksis.v3i1.212

Warsa, K. (2020, September 28). UMKM Kota Sukabumi di Masa Pandemi. KDP Sukabumikota. https://kdp.sukabumikota.go.id/2020/09/umkm-kota-sukabumi-di-masa-pandemi.html

Wijayanti, R. S., & Eviatiwi, K. S. (2021). Sosialisasi Strategi UMKM Beradaptasi di Kala Pandemi Covid 19 bagi Masyarakat Kelurahan Kalicari Kecamatan Pedurungan Kota Semarang Ratna Wijayanti , SE , MM Dibiayai oleh Universitas Semarang sesuai dengan Perjanjian Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyar. 145.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i3.926-934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.