PELATIHAN PEMBUATAN HAND SANITIZER SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN COVID 19 DENGAN DI DESA RAMBAH TENGAH UTARA

Sri Wulandari, Andria Andria, Eka Yuli Handayani, Rahmi Fitria, Romy Wahyuni

Abstract


Saat ini dunia tengah waspada dengan penyebaran virus corona. Coronaviruses (CoV) menyebabkan penyakit flu hingga penyakit yang berat seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS-Cov) and Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV)(World Health Organization, 2019). Virus corona mudah menyebar dan menginfeksi siapapun tanpa pandang usia dan menular dengan mudah melalui kontak dengan penderita (Elsarika, 2020). Hingga saat kini belum ada obat untuk menangani kasus corona. Karena penularan virus  sangat cepat WHO menetapkan virus corona sebagai pandemic pada 11 Maret 2020. Provinsi Riau termasuk 5 besar kasus covid 19 tertinggi di Indonesia, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul),  terkonfirmasi positif Covid- 19 tertinggi berada pada  kecamatan rambah sebanyak 4,9% dari total 359 yang positif Covid- 19 dan semakin hari jumlahnya semakin bertambah. Pemerintah sudah memberlakukan Protocol kesehatan akan tetapi belum sepenuhnya ditaati oleh masyarakat, masih banyak yang mengabaikan Protocol kesehatan. Dalam hal ini pemerintah tidak bisa bergerak sendiri untuk menanggulangi wabah Covid-19. Perlu bantuan dari  masyarakat untuk mengurangi penyebaran. Hal ini disebabkan oleh Rendahnya kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 dan perlu perhatian khusus dalam program pengabdian masyarakat ini.

Melaui Kegiatan ini ada beberapa upaya yang akan dilakukan untuk membantu pemerintah dalam bentuk  kepedulian dan kemampuan masyarakat dalam mencegah penyebaran covid diantaranya: Pertama Adalah Pelatihan pembuatan hand sanitizer daun sirih, kegiatan melatih Masyarakat untuk memanfaatkan potensi usaha untuk meningkatkan ekonomi. Kedua Adalah Penyuluhan kesehatan dan pembagian Hand Sanitizer kegiatan ini dilakukan sebagai upaya memberikan sosialisasi dan edukasi yang tepat kepada Masyarakat mengenai Covid 19, bahaya dan perlunya tindakan Preventif penularan covid 19 di desa rambah tengah utara sehingga terbentuk “DESA SADAR Covid 19” sebagai contoh di kecamatan rambah dengan kasus covid tertinggi.


Keywords


Pencegahan Covid 19, Hand Sanitizer, Desa Sadar Covid 19

Full Text:

PDF

References


Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID -19. (2020). Pedoman Penanganan Cepat Media dan Kesehatan Masyarakat COVID - 19 di Indonesia. Jakarta: Gugus Tugas COVID - 19.

Grace Melia. (2020). FIP’s Guidance on coronavirus/COVID-19 Awesome! Days at Home with Family.

Hapsari, D.N. (2015). Pemanfaatan Ekstrak Daun Sirih (Piper Betle Linn) Sebagai Hand sanitizer. Skripsi. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

Meihartati, T., Abiyoga, A., Dodi, S., & Ine. (2020). Pentingnya protokol kesehatan keluar masuk rumah saat pandemi covid -19. Jurnal Pengabdi Kpd Masy Stikeswhs. [S.l.], v. 1, n. 2, aug. 2020.

Nurkholis. (2020). Dampak pandemi novel-corona virus disease (covid-19) terhadap psikologi dan pendidikan serta kebijakan pemerintah. Jurnal PGSD, vol.6.

Nugroho, I.H., & Yulianto, D. (2020). Penerapan disiplin protokol kesehatan di era kenormalan baru pada dunia paud. Jurnal al-Hikmah, 8, 150-156.

Susilo, C, Adityo, et all, (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures. Jurnal Penyakit Dalam Indonesi. Vol. 7, No. 1. Maret 2020.

Website Resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.https://covid19.go.id Website COVID -19 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. https://corona.jakarta.go.id

World Health Organization (WHO). (2020). Global surveillance for human infection with novel - coronavirus (2019 - nCoV)

Zhang T, Wu Q, Zhang Z. (2020) Probable Pangolin Origin of SARSCoV-2 Associated with the COVID-19 Outbreak. Curr Biol. 2020; published online March 13. DOI:

Zhou P, Yang X-L, Wang X-G, Hu B, Zhang L, Zhang W, et al. (2020). A pneumonia outbreak associated with a new coronavirus of probable bat origin. Nature.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i3.1085-1091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.