PELATIHAN MODEL PENGELOLAAN PEMBELAJARAN 4 C (CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COMMUNICATION &COLLABORATION) DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI 5 – 6 TAHUN DI KABUPATEN KARAWANG
Abstract
Tujuan Pengabdian Masyarakat ini adalah untuk memberikan Pelatihan motivasi bagi lembaga pendidikan PAUD untuk memperhatikan keterampilan yang dimiliki para siswanya dan memberikan pembekalan positif kepada anak untuk masa yang akan datang.
Metode. yang digunakan menggunakan konsep pelatihan dimana peserta diberikan pembekalan materi dan Pelatihan Model Pengelolaan Pembelajaran 4 C (Critical Thinking, Creativity, Communication &Collaboration) Dalam Mengembangkan Aspek Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 5 – 6 Tahun..
Hasil Pengabdian ini yaitu 1) dengan diimplementasikannya keterampilan abad ke-21 yang disebut dengan 4C adalah guru harus melakukan komunikasi dengan baik terhadap siswa secara terus menerus dalam berbagai keadaan. Sososialisasi pada siswa diperlukan karena masa anak-anak adalah masa bermain. Ketika siswa bermain dengan teman sebayanya, siswa akan secara alami melakukan interaksi sosial dengan temannya. Sering mengajak siswa berkomunikasi memberikan dampak positif untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi anak. Hal ini akan menstimulasi otak anak untuk mencontoh penggunaan kalimat yang baik. Selain itu keterampilan abad ke-21 siswa dilatih untuk menjelaskan dan bertukar informasi dengan temannya ketika proses pembelajaran berlangsung, belajar cara menyampaikan informasi dengan benar, sehingga dapat dimengerti dan dipahami oleh temannya. Peran guru PAUD disini adalah sebagai fasilitator. Keterampilan abad ke-21(4C) dapat menumbuhkan dan meningkatkan kerjasama dalam suatu kelompok untuk menyelesaikan masalah tertentu, meningkatkan rasa toleransinya terhadap perbedaan pendapat teman, berusaha untuk berpikir kritis dan kreatif untuk memecahkan permasalahan tentang mengkaitkan sesuatu. Kata kunci: Keterampilan, Abad 21 (4C)
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Resti Septikasari. “Keterampilan 4c Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar” Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, Volume Viii Edisi 02 2018, Hlm 112-122
Muhtadi, Asep Saeful, Komunikasi Dakwah Teori Pendekatan Dan Aplikasinya Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2012
Roberts, Timothy S. Collaborative Learning: Theory and Practice. London: Idea Group Inc., 2004
Johnson, Elaine B.,Contextual Teaching And Learning. (Edisi Terjemahan Ibnu Setiawan). Bandung: MLC, 2009
Suratno. 2005. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Prihatin, E. (2012). Analisis kebijakan Pendidikan Anak Dini Usia (PADU). Jurnal Abmas: Media informasi pengabdian kepada masyarakat.
Hariyanti, D.P.D. (2012.) Peningkatan Kinerja Guru PAUD dalam Rangka Pengembangan Karakter Peserta Didik. E-prosiding Universitas PGRI Semarang
Nugroho. (2014). Leadership challenges of early childhood institution. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 3(2) (2014).
https://eprints.uai.ac.id/1547/2/ILS0008-21_Isi-Buku.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i3.1094-1100
Refbacks
- There are currently no refbacks.