SOSIALISASI DAN PRAKTEK PEMBUATAN VERMIKOMPOS MENGGUNAKAN CACING LUMBRICUS RUBELUS PADA KARANG TARUNA DESA SRIKUNCORO, BENGKULU TENGAH

Hasanudin Hasanudin, Riwandi Riwandi, Anandyawati Anandyawati

Abstract


Karang Taruna adalah lembaga sosial kemasyarakatan yang diatur dalam UU No. 11 Thun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Anggota Karang Taruna merupakan pemuda-pemudi kader desa yang berpotensi besar untuk dibina dan didukung dalam pengembangan budidaya cacing dan pembuatan vermikompos di Desa Srikuncoro. Melalui program Pengabdian pada Masyarakat yang dilaksanakan oleh Tim Pengabdi dari Universitas Bengkulu pada bulan September hingga November tahun 2021 diperkenalkan kegiatan pembuatan vermikompos melalui sosailisasi dan praktek secara langsung. Vermikompos ini dibuat dengan bantuan cacing Lumbricus rubellus. Capaian kegiatan ini antara lain adalah : 1) Meningkatnya pengetahuan dan minat anggota Karang Taruna Desa Srikuncoro mengenai vermikompos, 2) Transfer Ilmu Pengetahuan dari hasil-hasil penelitian di Universitas Bengkulu dan 3) Menjadi perintis salahsatu model bisnis yang dapat dikembangkan oleh Karang Taruna Desa Srikuncoro.


Keywords


vermikompos, karang taruna, Srikuncoro

Full Text:

PDF

References


Dwiyantono, R., Sutaryo, dan A. Purnomoadi. 2014. Perbandingan Kualitas 18 Jurnal Agroteknologi, Vol. 9 No. 2, Februari 2019 : 13 – 20 Vermikompos yang Dihasilkan dari Feses Sapi dan Feses Kerbau. Animal Agriculture Journal 3(2):147-154

Kementerian Riset dan Teknologi. 2009. Budidaya Cacing Tanah.Dalam artikel http://www.smallcrab.com/kesehatan/25 healthy/91-budidaya-cacing tanah. Diakses pada 20 November 2021.

Manaf L. A., M. L. Jusoh., M. K. Yusof., T. H. Ismail., R. Harun., H. Jauhir. 2009. ―Influences of Bedding Material in Vermicomposting Process.‖ International Journal of Biology 1(1) : 81 - 91.

Mashur. 2001. Vermikompos (Kompos Cacing Tanah) Pupuk Organik Berkualitas dan Ramah Lingkungan. Mataram : Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IPPTP), h. 22-34.

Sallaku G., Babaj I., Kacium S., Balliu A. 2009. The Influenceof Vermicompost on Planth Growth Characteristic of Cucumber (Cucumissativus L.) Seedlings Under Saline Conditions. J. Food Agric. Environt. 7 (3-4): 869-878.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i3.870-875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.