WORKSHOP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DI SMK KESEHATAN MARTABE SIPIROK

Fitriani Fitriani, Wiwik Novitasari, Yulia Anita Siregar

Abstract


Proses belajar mengajar di sekolah sangat menentukan keberhasilan siswa. Dalam mencapai keberhasilan tersebut perlu bantuan dan dorongan dari guru serta orang tua. Namun dalam proses belajar di sekolah yang sangat banyak memberikan kontribusi adalah peran guru. Dalam hal ini guru dituntut sedemikian sehingga mampu membawa para siswa menuju keberhasilan dengan demikian maka guru baru dikatakan telah mencapai tujuan pembelajaran. Dalam mencapai tujuan tersebut banyak hal yang harus dilakukan guru salah satunya adalah pengembangan bahan ajar. Oleh karena, itu guru harus mampu mengembangkan bahan ajar atau buku paket yang sudah ada semenarik mungkin dengan bahasa yang sederhana dan di desain sedemikian rupa sehingga siswa dapat belajar mandiri disekolah maupun di rumah dengan bantuan bahan ajar yang dikembangkan tersebut. Tujuan kegiatan workshop ini adalah (1) Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para guru mengenai pengembangan bahan ajar. (2) Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para guru dalam meningkatakan motivasi belajar siswa. (3) Para guru mampu membuat desain pengembangan bahan ajar semenarik dan seefisien mungkin untuk dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Pengabdian ini dilaksanakan di SMK Kesehatan Martabe Sipirok. Metode pelaksanaan yang dilakukan ialah berupa workshop. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama 3 bulan, pada bulan Januari - Maret 2016. Dimana kegiatan workshopnya dilaksanakan selama dua hari berturut-turut. Hasil workshop pengembangan bahan ajar ini yaitu bahwa guru-guru di SMK Kesehatan Martabe Sipirok sudah banyak memperoleh motivasi,  informasi/pengetahuan terkait dalam pengembangan bahan ajar dan juga diperkirakan kedepannya para guru-guru khususnya di SMK Kesehatan Martabe Sipirok sudah mampu mengembangkan bahan ajar sendiri.

 

Kata kunci:  Workshop, Pengembangan, Bahan Ajar


Full Text:

PDF

References


Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Raharjo, Hendri dan I’anah. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Jurnal: EduMa Vol.3 No.2 Desember.

Shulhany, M.A.,dkk. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Dimensi Tiga dengan Pendekatan Scientific untuk Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS.

Siregar, Yulia Anita. 2016. Wawancara terkait Kompetensi Guru-Guru di SMK Kesehatan Martabe Sipirok. Jum’at, 16 Desember 2016. Pukul: 10.00-11.00.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v1i3.149-157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.