PEMBERDAYAAN KELOMPOK PETANI JAMUR TIRAM DESA DUYUNG KECAMATAN TRAWAS KABUPATEN MOJOKERTO

Muhammad Priyono Tri Sulistyanto, Kurriawan Budi Pranata, Solikhan Solikhan, Muhammad Ghufron

Abstract


Telah dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Duyung Kecamatan trawas Kabupaten Mojokerto Jawa Timur dengan mitra kelompok petani budidaya jamur tiram. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini berupa transfer teknologi mekanik guna mengurangi potensi gagal panen dan meningkatkan kapasitas produksi jamur tiram di wilayah kecamatan Trawas. Transfer teknologi yang diterapkan berupa pembuatan mesin steamer untuk sterilisasi baglog dengan metode pengaturan suhu konstan di dalam ruangan mesin steamer. Monitoring suhu menggunakan sensor termokopel analog, sedangkan pengaturan suhu dilakukan secara konvensional. Metode pelaksanaan dari program ini terdiri dari empat tahap meliputi. 1) Sosialisai dan koordinasi kegiatan dengan pihak mitra 2) Kegiatan survey teknologi mekanik mengenai kebutuhan alat penunjang dalam pembuatan mesin steamer 3) Pelatihan dan demonstrasi penggunaan mesin steamer 4) Evaluasi dan kerangka monitoring efektifitas penggunaan mesin. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi a) Mempersingkat proses pembuatan baglog yang semula membutuhkan waktu 15 jam sekarang menjadi 8 jam. b) Kapasitas produksi baglog meningkat yang sejalan dengan meningkatnya produksi jamur tiram serta menambah nilai asset dan omzet kepada pihak mitra c) Mengurangi kekhawatiran potensi gagal panen akibat proses pembuatan baglog,  Sehingga diharapkan dapat memunculkan wirausahawan baru tentang budidaya jamur tiram

Full Text:

PDF

References


Sutarja. 2010. Produksi Jamur Tiram (Pleourotus ostreatus) Pada Media Campuran Serbuk Gergaji dengan Berbagai Komposisi Tepung Jagung dan Bekatul. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Suriawiria, U. 2002. Budidaya Jamur Tiram. Yayasan Kanisius. Yogyakarta

Sucipto, Edi (2015) Analisis pengaruh kekuasaan, kemitraan dan kewirausahaan terhadap kinerja bisnis jamur tiram putih (pleurotus ostreatus) di kabupaten jember. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

Parjimo dan A. Andoko. 2007. Budidaya Jamur Kuping Jamur Tiram Dan Jamur Merang. Agromedia Pustaka, Jakarta.

Jenisa Devy, (2018) Analisis Kelayakan Finansial Dan Risiko Usaha Budidaya Jamur Tiram Di Provinsi Lampung, Skripsi, Universitas Lampung.

Penduduk - Kabupaten Mojokerto (2017). Jumlah Penduduk Kabupaten Mojokerto Menurut Jenis Kelamin Per Kecamatan Bulan Desember Tahun 2017. [Internet cited 2018 5 September]. Available form:

http://www.mojokertokab.go.id/thm/v1/?vi=penduduk. Diakses pada 5 September 2018.

Perda Nomor 8 Tahun 2011 tentang RPJMDKab. Mojokerto 2011, [Internet]. 2011 [cited 2017 27 Mei]; Available from: bappeda.mojokertokab.go.id/upl oad/ca86c4eeef78a414bbfa5d7b8309553b.pdf.

Pranata, Kurriawan B. Ghufron, M. Sulistyanto, M. P. T. “Peningkatan Produksi dan Kualitas Produk Camilan Keripik Ketela di Kec. Trawas, Kab. Mojokerto” Journal of Innovation And Applied Technology : Vol 4, No 1 : 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v1i3.108-116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.