E-COMIC INSERVICE TRAINING BAGI GURU-GURU PAUD

Suci Utami Putri, Finita Dewi, Tia Citra Bayuni

Abstract


Pandemi Covid -19 membuat kenormalan baru di dunia Pendidikan yang mengharuskan guru mampu menciptakan sebuah pembelajaran yang menyenangkan untuk peserta didik walaupun pembelajaran dilakukan secara online. Untuk memastikan bahwa siswa terus mendapatkan layanan pembelajaran yang baik guru perlu dibekali dengan pengetahuan teknologi yang dapat mendukung terlaksananya kegiatan pembelajaran online yang dilakukan selama kondisi khusus. Saat ini, teknologi telah menyediakan beberapa layanan yang memungkinkan guru untuk membuat media dan sumber belajar yang dapat dibuat sendiri, seperti digital comic yang disesuaikan dengan tema pembelajaran yang ada di TK. Dalam digital comic guru dapat menciptakan sebuah pembelajaran dengan menarik, menyediakan assessment yang sesuai dengan anak usia dini dan membuat peserta didik aktif mengikuti pembelajaran dari rumah. Sebagai bentuk kepedulian prodi PGPAUD terhadap technology pedagogic content knowledge dimana guru itu harus bisa menciptakan kegiatan pembelajaran daring yang menyenangkan berbasis teknologi digital. Prodi PGPAUD Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan judul ““E-Comic In-Service Training: Antisipasi Transformasi Digital Untuk PAUD”. Hal ini dimaksudkan agar guru-guru memiliki literasi ICT yang memadai dalam rangka menghadapi tantangan pembelajaran abad 21


Keywords


Media Pembelajaran, Digital Comic, Guru PAUD

Full Text:

PDF

References


Agustin, M., Puspita, D.R., Nurinten, D., Nafiqoh, H. 2021. Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi, Vol 5 (1), p 334-345

Ambani, F.L. 2019. The Implementation of Digital Comic for Teaching Vocabulary. Thesis: UIN Sunan Gunung Jati

Ibda, F. 2015. Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualisa Vol 3(1), p 27-38

Huriyah. 2015. Developing A Digital Comic as One of Learning Media to Improve Students Motivation in The Introduction of Banking for Grade X Accounting Student at SMKN 1 Bantul Academic Year of 2014/2015. Thesis: Universitas Negeri Yogyakarta

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. [Online] http://digilib.stiem.ac.id:8080/jspui/bitstream/123456789/319/1/KONSEP%20DASAR%20PAUD.pdf. (diakses 23 Februari 2021)

Munastiwi, E. 2020. Colorful Online Learning Problem of Early Childhood Education During the Covid-19 Pandemic.

Putra, A, D, P., & Iqbal, M. 2014. Implementation of Digital Comic to Improve Creative Thinking Ablity in Integrated Science Study. International Conference on Mathematics, Science, Education 19-21 September 2014, semarang

Solekha, H. 2020. Distance Learning of Indonesian Early Childhood Education (PAUD) during tehe Covid-19 Pandemic. International Journal of Emerging Issues in Early Childhood Education. Vol 2 (2), p 105-115

Sudjana, Nana., dan Rivai, Ahmad. (2007). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Syarah, S, E., Yetti, E., Fridani, L., Yufiarti., Hapidin., Pupala, B. 2019. Electronic Comics in Elementary School Science Learning for Marine Conservation. Jurnal Pendidikan IPA Indoensia. Vol 8 (4), p 500-511




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i1.284-290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.