PELATIHAN VIDEO EDITING PADA CALON GURU UNTUK PENGAJARAN JARAK JAUH

Tatik Retno Murniasih, Sri Hariyani, Vivi Suwanti, Siti Faizah, Fauzan Fauzan

Abstract


Covid-19 membuat pemerintah memberikan kebijakan belajar dari rumah melalui pengajaran jarak jauh. Calon guru memerlukan pengetahuan video editing agar dapat membuat media untuk pembelajaran jarak jauh. Hasil observasi awal menunjukkan sebagian besar calon guru matematika belum mampu membuat video pembelajaran yang dapat diakses secara online. Pengabdian ini bertujuan memberikan pelatihan pada calon guru matematika agar dapat menghadapi tantangan jaman. Berdasarkan observasi awal dan kemampuan komputer yang dimiliki calon guru maka diperlukan pelatihan editing video pembelajaran dengan camtasia studio. Camtasia studio merupakan software gratis dan dapat digunakan pada komputer dengan kapasitas yang kecil. Metode yang digunakan dalam pengabdian yaitu pendampingan dan pelatihan editing menggunakan software camtasia. Hasil pendampingan menunjukkan calon guru matematika dapat mempraktikkan editing video secara lancar.  Selain itu calon guru matematika juga sangat antusias dan senang mengikuti kegiatan pengabdian. Pengabdian lanjutan direkomendasikan untuk memberikan pelatihan menggunakan media yang lain. Bagi peserta juga disarankan untuk mengisi paket data dan melakukan charge handphone secara penuh guna mengatasi sinyal yang kurang bagus pada Wifi dan listrik padam.  


Keywords


video editing, camtasia, calon guru, pembelajaran jarak jauh

Full Text:

PDF

References


Chusyairi, A., Setiyadi, D., Saludin, S., & Pramudita, R. 2021. Pelatihan pembuatan media pembelajaran jarak jauh dengan google classrom di SMAN 15 kota Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 44–50.

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. 2020. Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51.

Suryanti, S., Sutaji, D., Muyasaroh, Arifani, Y., & Zamzamy, M. 2021. Peningkatan kompetensi guru daerah terpencil melalui pelatihan pengembangan konten E-Learning. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 85–93.

Susanti, E., Harta, R., Karyana, A., & Halimah, M. 2018. Desain video pembelajaran yang efektif pada pendidikan jarak jauh: Studi di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 167–185.

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., … Yunihastuti, E. 2020. Coronavirus disease 2019 : Tinjauan literatur terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45–67.

Wardany, K., Sari, R. P., Mualim, I., & Ivan’s, E. 2021. Pelatihan pembuatan video pembelajaran menggunakan aplikasi camtasia studio berbasis powerpoint bagi guru SMK Integral Minhajut Thullab Pekalongan. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 9(1), 1104–1111.

Yudiono, U., Ferdiani, R. D., Farida, I. N. N., Murniasih, T. R., & Rahaju, R. 2021. Pengenalan jiwa wirausaha dan manajemen produksi siswa Mts Miftahul Ulum melalui pelatihan pembuatan telur asin. LOGISTA-Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 280–284.

Yuliana. 2020. Corona virus diseases (Covid-19): Sebuah tinjauan literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(1), 187-192.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i1.45-50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.