PEMBERDAYAAN IBU-IBU MUDA DI RT 04/RW 023 MELALUI KEGIATAN PENYULUHAN LITERASI GIZI DI POSYANDU GRIYA ASRI TAMAN MINI

Amelia Vinayastri, Nabilah Nurdina Ramadhani

Abstract


Asupan makanan yang kurang, selama pengetahuan ibu tentang makanan pelengkap ASI dan masa penyapihan penyakit mungkin menyebabkan gangguan tumbuh kembang anak. pengetahuan ibu dan perilaku memiliki peran penting dalam asupan makanan anak karena pengetahuan yang baik tentang makanan pelengkap ASI dapat menghasilkan menu yang baik untuk anak-anak. Usaha untuk meningkatkan pengetahuan dapat dilakukan melalui pemberian informasi. Pentingnya sebagai orang tua dalam memperhatikan gizi anak sangat perlu, dikarenakan dapat mempengaruhi perkembangan anak sejak dini. Selain itu anak perlu mendapatkan asupan Vitamin Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan membuat pengetahuan ibu tentang makanan pelengkap ASI setelah menerima pendidikan gizi melalui modul. Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi, dan Operasi Timbang di setiap bulannya. Sosialisasi dilakukan dengan tujuan memberi informasi terkait pentingnya Asupan Vitamin A yang didapat anak dan pentingnya asupan MPASI sejak dini. Dari hasil kegiatan tersebut berhasil dengan baik karena telah mengetahui apakah Orang Tua rutin memberi Vitamin A selama 1 tahun 2 kali dan selama ini orang tua memberi Makanan Pendamping ASI sesuai tahapannya. Pengabdian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan dari ibu-ibu muda dengan pengetahuan tentang makanan pelengkap ASI secara literasi melalui modul yang diberikan kepada di Posyandu Griya Asri Taman Mini.

Keywords


Literasi Gizi, Modul, Vitamin A, MPASI

Full Text:

PDF

References


Alvita, G. W., Winarsih, B. D., Hartini, S., & Faidah, N. (2021). PENINGKATAN PEMAHAMAN MASYARAKAT PENTINGNYA ASI DAN MP ASI YANG TEPAT DALAM PENCEGAHAN STUNTING DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS REJOSARI DI DESA CRANGGANG. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 125.

Amirullah, A., Putra, A. T., & Al Kahar , A. A. (2020). Deskripsi Status Gizi Anak Usia 3 Sampai 5 Tahun Pada Masa Covid 19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 18-19.

Bustamam, N., & Wahyuningsih, S. (2021). BULAN PENIMBANGAN BALITA DAN PEMBERIAN VITAMIN A DI POSYANDU LIMO DEPOK PADA PANDEMI COVID-19 . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 153.

Kurnia, R. (2015). PENDIDIKAN GIZI UNTUK ANAK USIA DINI. EDUCHILD, 109.

Wahidin. (2016). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI TINGKAT KUNJUNGAN IBU DENGAN ANAK BALITA KE POSYANDU DALAM KEGIATAN PENIMBANGAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SURADITA KECAMATAN CISAUK KABUPATEN TANGERANG PROPINSI SURADITA KECAMATAN CISAUK KABUPATEN TANGERANG. 30.

Zogara, A. U., Loaloka, M. S., & Pantaleon, M. G. (2021). FAKTOR IBU DAN WAKTU PEMBERIAN MPASI BERHUBUNGAN DENGAN STATUS GIZI BALITA DI KABUPATEN KUPANG. Journal of Nutrition College, 56.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i3.954-962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.