PENDAMPINGAN PENYUSUNAN SOAL MODEL PISA BERBASIS PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA: OPTIMALISASI KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA DI SEKOLAH MUHAMMADIYAH

Muh Fitrah, Ruslan Ruslan, Syarifuddin Syarifuddin, Luthfiyah Luthfiyah

Abstract


Tujuan dilaksanakannya pengabdian kepada masyarakat ini ialah mengupgrading kemampuan guru matematika dalam menyusun soal model PISA berbasis etnomatematika, membudayakan guru matematika memanfaatkan budaya lokal dalam konteks pembelajaran, serta guru matematika suka dan gembira memilih pendekatan etnomatematika dalam membelajarkan matematika. Berdasarkan uraian diatas, maka dalam hal ini dapat di identikasikan beberapa permasalahan penting, antara lain: Hasil PISA Indonesia tahun 2018 menurun dibandingkan tahun 2015; Kemampuan Matematika siswa masih belum memenuhi kriteria standar kompetensi minimal; Guru berlum terbiasa dengan soal terintegrasi budaya lokal; Guru lebih suka dengan soal yang instan dari buku pegangan guru, dan Terlihat siswa tidak begitu semangat merespon soal-soal yang kompleks. Maka dalam konteks itulah perlu dilakukan “Pendampingan Penyusunan Soal Model PISA Berbasis Pendekatan Etnomatematika”. Kegiatan pengabdian didesain dalam bentuk pelatihan dan pendampingan dengan cara tatap muka, workshop, penugasan terstruktur, dan konsultasi online melalui platform WhatsApp yang ditunjukkan bagi guru-guru matematika di SD Muhamamdiyah Gili Panda Kota Bima dan secara keseluruhannya sebanyak 25 orang. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa guru matematika telah dapat menyusun soal matematika berstandar PISA dengan pendekatan etnomatematika di SD Muhammadiyah Gili Panda Kota Bima dan sampai pada lahirnya soal etnomatematika terintegrasi budaya dan kearifan lokal. Terlepas dari hal itu, bahwa respon guru sangat positif dengan adanya pendampingan sebab sangat memantu dan memudahkan guru matematika dalam membelajarkan matematika dan terlihat porsentase 44%, 50% membantu dan memudahkan guru serta tidak memudahkan sebesar 6%.


Keywords


pendampingan, soal PISA, etnomatematika, matematika.

Full Text:

PDF

References


Abu, S. N. (2020). Pembinaan Guru Oleh Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 704-712.

Adiwikarta Sudardja. (2016). Sosiologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Araiku, J., Somakim, S., Hartono, Y., & Indaryanti, I. (2021). Pendampingan pembuatan bahan ajar berbasis etnomatematika untuk guru matematika di Indonesia. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 1-12.

Astini, S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Tingkat

Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang.

Vol.11(2). 13-25.

Barhomi, Choki. (2015). Effectiveness of WhatsApp Mobile Learning Activities

Guided by Activity eory on Students. Knowledge Mangement”

Contemporary Educational Technology, Vol 6 (3). 221-238.

Cahyanovianty, A. D., & Wahidin, W. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1439-1448.

Cut Fitriani, M. A., & Usman, N. (2017). Kompetensi profesional guru dalam pengelolaan pembelajaran di MTs Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 5(2).

Fauziah, A., Sobari, E. F. D., & Robandi, B. (2021). Analisis Pemahaman Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mengenai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1550-1558.

Faridah, S., Djatmika, E. T., & Utaya, S. (2020). Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(9), 1359-1364.

Fitrah, M. (2016). Model Pembelajaran Matematika Sekolah Kajian Perspektif Berdasarkan Teori dan Hasil Riset. Yogyakarta: Deepublish.

Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31-42.

Hermino Agustinus. (2016). Manajemen Kemarahan Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hafizhah. (2019). Mendikbud Nadiem: Hasil PISA untuk Perbaikan Kedepan”, Republika.Co.Id.

Hartono Yusuf, dkk. (2021). Pendampingan Guru Matematika Sekolah Menengah dalam Pembuktian Matematika. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 4, Nomor 1, Februari 2021, 95-102.

Inah, E. N. (2013). Peranan komunikasi dalam pendidikan. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 176-188.

Kemendikbud. (2020). AKM Dan Implikasinya Pada Pembelajaran. Jakarta: Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Marlina, M. E. (2013). Kurikulum 2013 yang berkarakter. JUPIIS, 5(2), 27-38.

Novauli, F. (2015). Kompetensi guru dalam peningkatan prestasi belajar pada smp negeri dalam kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(1), 45-67.

OECD 2019. (2018). PISA 2018 Results (Volume III): What School Life Means for Students’ Lives, PISA. Paris: OECD Publishing.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008.

Putra Yudi Yunika dan Rajab Vebrian. (2018). Pelatihan Mendesain Soal Literasi Matematika Menggunakan Budaya Bangka Belitung. Al Quwwah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 1, Nomor 1.

Retnawati, H., Djidu, H., Kartianom, A., & Anazifa, R. D. (2018). Teachers’ knowledge about higher-order thinking skills and its learning strategy. Problems of Education in the 21st Century, 76(2), 215.

Richardo. (2016). Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013”, LITERASI, 7(2).

Richter, E., Brunner, M., & Richter, D. (2021). Teacher educators’ task perception and its relationship to professional identity and teaching practice. Teaching and Teacher Education, 101, 103303.

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54-62.

Setiawan, H., Aji, S. M. W., & Aziz, A. (2020). Tiga Tantangan Guru Masa Depan Sekolah Dasar Inklusif. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 5(2), 241.

Simarmata, J., dkk. (2020). Pembelajaran STEM Berbasis HOTS dan Penerapannya. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Suci, I. G. S., SE, M. A., Hadion Wijoyo, S. E., SH, S., & MH, M. (2020). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Penerbit Qiara Media.

Trisnani. (2017). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, Volume 6 Nomor 3 November 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i1.15-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.