SOSIALISASI PELAYANAN PRIMA PADA MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN PARIWISATA KECAMATAN DOLOK PANRIBUAN, SIMALUNGUN

Abdul Kadir Ritonga, Handoko Handoko, Booni Tauhid

Abstract


Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya pelayanan prima terhadap wisatawan domestik dan mancanegara, maka perlu dilakukan usaha-usaha sosialisasi dan pelatihan. Untuk itu, salah satu usaha tersebu adalah program pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Jurusan perhotelan, Politeknik Pariwisata Medan pada tanggal 25-28 Februari 2020 dan diikuti oleh 30 (tiga puluh) peserta. Program pengabdian kepada masyarakat ini melibatkan para dosen dan mahasiswa jurusan perhotelan Politeknik Pariwisata Medan. Metode yang digunakan dalam program pengabdian kepada masyarakat ini meliputi metode sosialisasi, metode tutorial, dan metode diskusi. Hasil sosialisasi dan pelatihan ini membuat para peserta begitu antusias dan bersemangat dalam mengikuti program ini. Pada akhir acara, para peserta menyampaikan bahwa program ini sangat penting dan diharapkan berkelanjutan.


Keywords


Sosialisasi, pelayanan prima

Full Text:

PDF

References


.Dwiyanto, A. (2005). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Barata, A.A. (2003). Dasar- Dasar Pelayanan Prima. Jakarta : Elex Media Kompetindo.

Harahap, Z., & Ritonga, A. K. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Kepariwisataan dalam Pendidikan Kejuruan. Jurnal Akademi Pariwisata Medan, 8(1), 63-76.

Lovelok, C.H. (1992), Managing Servises Marketing Operations and Human Resources. Prentice Hall. Englewood Cliffs: New Jersey

Thoha, M. (2004). Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Winardi, J. (2004). Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Raja Grafindo perkasa: Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i3.918-923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.