PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PULAU UNTUNG JAWA MELALUI PEMANFAATAN IKAN KAKAP PUTIH MENJADI OLAHAN BURGER

Khusniyati Masykuroh, Reny Harpiyani

Abstract


Program KKN-PKM yang dilakukan dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat Pulau Untung Jawa melalui pemanfaatan ikan kakap putih menjadi olahan burger yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat Pulau Untung Jawa, bahwa ikan dapat diolah menjadi makanan kekinian yang diminati oleh setiap kalangan. Dan kegiatan ini dimulai dengan melakukan sosialisasi, pengenalan bahan, cara membuat burger ikan, kandungan gizi, dan juga manfaat yang terkandung dalam burger ikan ini. Program pemberdayaan yang dilakukan selama dua bulan menunjukkan antusias warga yang cukup tinggi, khususnya para pemuda Pulau Untung Jawa yang ingin membuka usaha baru dengan berjualan burger ikan. Peluang usaha yang dihasilkan dari burger ikan ini cukup menjanjikan karena cita rasa yang dihasilkan cukup unik berbeda dengan burger yang lainnya dan juga harga yang cukup terjangkau, terlebih lagi di daerah yang belum menjual produk makanan burger ikan. Dan usaha burger ikan ini dapat didirikan di Pulau Untung Jawa atau di luar Pulau Untung Jawa, dengan demikian tujuan dari pengabdian kepada masyarakat akan tercapai


Keywords


Burger Ikan, Pemberdayaan, Usaha

Full Text:

PDF

References


Damongilala, L., & Harikedua, S. (2020). DIVERSIFIKASI PRODUK PERIKANAN : FISH BURGER. Techno Science Journal, 2(2), 61 - 68.

Etika, N. M. (2021, Juli 02). BERBAGAI MANFAAT ZAT GIZI DARI MAKAN IKAN KAKAP. Hello Sehat.

Febrilian, M. (2017). PULAU UNTUNG JAWA, PULAU INDAH DI TELUK JAKARTA. Bobo.id.

Hafiludin. (2015, April). ANALISIS KANDUNGAN GIZI PADA IKAN YANG BERASAL DARI HABITAT YANG BERBEDA-BEDA. Jurnal Kelautan, 8, 37 - 43.

Lukyani, L. (2021, Juni 02). Kompas.com. Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/sains/read/2021/06/02/110300923/6-manfaat-mentimun-untuk-kesehatan-bisa-cegah-penyakit-kronis?page=all

Rahmanto, D. (2017). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR PULAU UNTUNGJAWA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN HUKUM DAN KEMANDIRIAN NELAYAN. ADIL: Jurnal Hukum, 7, 112 - 125.

Usman, F. (2020). TOMAT UNTUK PENCEGAHAN PENYAKIT JANTUNG. Jurnak Kesehatan, 31 - 37.

Uuh Sukaesih, U., Miswan, & Farida. (2018). ANALISIS DESTINASI PARIWISATA PULAU UNTUNG JAWA DI KEPULAUAN SERIBU JAKARTA. Jurnal Industri Pariwisata, 1, 81 - 94.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i3.901-909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.