PENDAMPINGAN PEMASARAN PRODUK UMKM MINUMAN SERBUK JAHE INSTAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Wati Sukmawati, Hadi Sunaryo

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan dengan mitra UMKM yang bergerak pada pengolahan minuman serbuk jahe instan di daerah Indramayu. Dalam kegiatan yang dilakukan ini  tujuan untuk memberikan motivasi bagi UMKM minuman serbuk jahe instan untuk meningkatkan pemasaran sehingga mampu meningkatkan penghasilan dan dapat bertahan di masa pandemic. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan cara ceramah, diskusi, dan pemberian materi mengenai manajemen keuangan dan digital marketing serta strategi yang harus dijalankan oleh UMKM agar dapat survive pada masa pandemic ini, Kesimpulan dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah UMKM membutuhkan bantuan dalam hal permodalan dan pendampingan agar dapat bangkit dan mandiri dimasa pandemic ini. Solusi yang diberikan adalah bantuan permodalan bagi UMKM dan pendampingan proses pemasaran produk baik pasar online maupun offline. Berdasarkan hasil kegiatan ini, pemasaran produk di masa pandemic menjadi alternatif karena mengurangi kontak dan tetap menjaga protocol Kesehatan. Selain itu mitra juga sangat terbantu oleh pendampingan pemasaran produk yang dilakukan oleh peneliti.

 


Keywords


Minuman Serbuk Jahe Instan; Pemasaran; Pandemi; Pendampingan; UMKM.

Full Text:

PDF

References


Hardilawati, W. L., Sandri, S. H., & Binangkit, I. D. (2019). The Role of Innovation and E-Commerce in Small Business. 373, 83–87. https://doi.org/10.2991/iccelst-ss-19.2019.18

Hermalia, H., & Afrinawati, A. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 237. https://doi.org/10.15548/jebi.v3i2.182

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53–60. http://www.jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JAK/article/view/189/136

Kemenkeu, K. F., Jabodetabek, B. S., Tunai, S., Langsung, B., Dana, T., Tunai, B., Sembako, P. K., Kerja, K. P., Listrik, D., Kuota, S., & Produktif, B. (2021). Program Pemulihan Ekonomi Nasional 2020 Mampu Menjaga Tingkat Kemiskinan dan Ketimpangan. September 2020, 2020–2021.

Kotler, Philip dan Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing (15th ed.). In Pearson Education Limited (Issue 19). https://doi.org/10.2307/2548367

Lestari, S. P., & R, K. A. (2019). the Effect of Product Quality Toward Interest in. 5(2), 95–102.

Naili, F., Naryoso, A., & Ardyan, E. (2017). Model of relationship marketing partnerships between batik SMEs and batik distributors in central Java, Indonesia. International Journal of Social Ecology and Sustainable Development, 8(4), 1–14. https://doi.org/10.4018/IJSESD.2017100101

Pezzini, M. (2020). Business Insights on Emerging on Emerging Markets 2020. Emnet Journal, 4(1).

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Sunardi, N., Lesmana, R., Rudi, Kartono, & Hasbiyah, W. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Abdi Masyarakat, 2(1), 75–86.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i3.696-701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.