APLIKASI MULSA PLASTIK HITAM PERAK (MPHP) PADA BUDIDAYA TANAMAN CABAI KERITING (Capsicum annum L.)

Murnita Murnita, Leffy Hermalena

Abstract


Kelompok Tani Borneo Selatan berada di Nagari Sungai Jambu, Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Mitra ini berkegiatan di  bidang  pertanian dengan lahan sawah 15 ha dan lahan kering 25 ha, diantaranya ditanami cabai keriting  5 ha. Akan tetapi pengetahuan tentang penggunaan MPHP pada budidaya pertanian seperti tanaman cabai keriting  masih rendah. Selain itu faktor lingkungan seperti suhu udara yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penguapan  air tanah lebih cepat. Oleh karena itu, diperlukan  penyuluhan dan praktik tentang Aplikasi MPHP pada Budidaya Tanaman Cabai Keriting. Oleh karena itu, pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan: (1) meningkatkan keinginan petani untuk menggunakan MPHP pada budidaya tanaman cabai keriting, (2) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani tentang budidaya tanaman cabai keriting dengan memakai MPHP. Untuk mencapai  tujuan  pengabdian masyarakat, maka metode yang dilakukan yaitu: penyuluhan, praktik, monitoring dan evaluasi dari kegiatan tersebut. Hasil yang didapatkan dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah: (1) kegiatan pengabdian masyarakat  berlangsung lancar dan baik serta petani mempunyai motivasi yang tinggi untuk melanjutkan kegiatan tersebut, (2) pengetahuan dan keterampilan petani mengenai MPHP  pada budidaya tanaman cabai keriting  meningkat sekitar 74%.


Keywords


aplikasi, mulsa plastik, cabai keriting

Full Text:

PDF

References


Fallo, J.F., Prawira, I. P. D. A., Sagita, I. K. R. E., S D Wulandari, S. D., Wahur, O, S, I, dan Saputra, I. G. N. W. H. 2020. Penyuluhan Tentang Kelestarian Lingkungan, Bahaya Sampah Plastik Dan Penggunaan Gadget Di Seluruh Sd Desa Mengesta. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 2, 212-216.

Fitriani, U. F., Suprapto, A., & Tujiyanta, T. 2017. Pengaruh Macam Mulsa Organik dan Pemangkasan Terhadap Hasil Tanaman Mentimun (Cucumis Sativus, L.) Var. Or Green 51. Jurnal Ilmu Pertanian Tropika Dan Subtropika (Journal Of Tropical And Subtropical Agricultural Sciences), 2 (2), 63-69.

Gustanti, Y., Chairul, Z.,& Syam. 2014. Pemberian Mulsa Jerami Padi (Oryza sativa) Terhadap Gulma dan Produksi Tanaman Kacang Kedelai (Glycine max (L.) Merr). Jurnal Bio. UA, 3(1), 73-79.

Harpenas, A., & Dermawan R. 2014. Budidaya cabai unggul. Bogor : Penerbit swadaya.

Layanan Informasi Desa 2019. Manfaat Mulsa Plastik Hitam Perak untuk Pertanian:https:// 8villages.com/full/ petani/ article/id/5d7872b33b7c9f1 b2c57948c. Diakses 17 Januari 2021.

Pertanianku.com. 2020. Keuntungan Penggunaan Mulsa Plastik Hitam Perak pada Kebun Cabai: https://www.pertanianku.com/keuntungan-penggunaan-mulsa-plastik-hitam-perak-pada-kebun-cabai/. Diakses 17 Januari 2021.

Ranjan, P., Patle, G. T., Prem, M., & Solanke, K. R. 2017. Organic Mulching A Water Saving Technique to Increase the Production of Fruits and Vegetables. Current Agriculture Research Journal, 5(3), 371-380.

Suhadiyah, S., Tambaru, E., & Masniawati. 2019. Analisis Kandungan Vitamin C dan β-Karoten Lada Katokon Toraja, Cabai Besar dan Cabai Keriting di Makassar. Jurnal Dedikasi, 21 ( 1), 74-76.

Vebriansyah, R. 2018. Tingkatkan produktivitas cabai. Penebar Swadaya Jakarta.

Wikipedia. 2020. Mulsa Plastik. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Plastic_mulch. Diakses 1 Februari 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i2.432-438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.