ANIMASI 2 DIMENSI SEBAGAI INFOGRAFIS PENCEGAHAN VIRUS COVID 19 PADA PAUD TERPADU ALLIFA

Yuli Astuti, Irma Rofni Wulandari, Abdiel Alim W, Vikiyana Haris A, Fawwaz Hasanu, Bibit Aries K, Rina Puji Utami

Abstract


Delapan bulan negara ini mengalami kondisi yang tidak biasa karena adanya pandemic virus corona atau sering disebut covid-19. Dunia Pendidikan tetap harus berjalan sebagaimana mestinya biarpun tidak bisa dilaksanakan secaramaksimal, oleh karena itu pihak sekolah harus melakukan proses pembelajarannya menggunakan system online. Untuk pembelajaran online di jenjang Pendidikan usia dini masih butuh pendampingan orang tua secara intensive. Oleh karena itu penyampaian pesan atau materi dilakukan dengan jelas dan semenarik mungkin agar orang tua mudah untuk menyampaikan ke anak. Untuk memberikan pesan pola hidup sehat untuk pencegahan virus covid-19 juga harus menarik dan interaktif agar pesan yang disampaikan mudah diterima untuk anak sehingga pada pengabdian ini dibuatlah video animasi 2 Dimensi infografis tentang pencehagan virus covid-19 dengan jenis file mp4 sehingga bisa dilihat melalui handphone maupun computer. Tahap pembuatannya yaitu menganalisa masalah, menentukan solusi, memilih solusi, kemudian dilanjutkan perancangan dengan storyboard, pembuatan desain karakter, penulisan naskah dan recording kemudian kompositing dan editing dan terakhir adalah pengujian. Pada video ini masih ada kekurangan yaitu durasi video masih cukup pendek sehingga informasi yang disampaikan masih terbatas. 

Keywords


Animasi 2D, Infografis, Virus Covid-19, PAUD

Full Text:

PDF

References


Anonim, ‘Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran CORONA Virus Disease (COVID- 19)’ (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2020)

Bustanil, M., Asrowi, & Ardianto, D. T., ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial Di Sekolah Menengah Kejuruan’, JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21.2 (2019), 119–34

Filasofa;, M. Fadlillah; Lilif Muallifatul Khorida;, Wantini;, Eliyyil Akbar;, and Syifa Fauziah, Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif Dan Menyenangkan, 1st edn (Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2014)

Yunanto, A. A., Herumurti, D., Rochimah, S., & Kuswardayan, I, ‘English Education Game Using Non-Player Character Based on Natural Language Processing’, Procedia Computer Science, 161 (2019), 502–8




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i1.215-221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.