PENGUATAN LITERASI SASTRA MELALUI PELATIHAN PUISI BERBASIS BUDAYA LOKAL DI MTS ULUMUL QURAN LANGSA

Nur Amelia, Joko Hariadi, Indah Fajarini, Tanita Liasna

Abstract


Minat pelajar terhadap karya sastra, khususnya puisi, cenderung menurun seiring berkembangnya media digital dan pola komunikasi instan yang mengabaikan aspek estetika dan nilai budaya. Di sisi lain, sastra terutama puisi merupakan media penting dalam menanamkan kepekaan, memperkuat ekspresi diri, dan melestarikan nilai-nilai lokal. Pelajar di MTs Ulumul Quran Langsa sebagai generasi muda perlu dibekali dengan keterampilan literasi sastra agar mampu merespons perkembangan zaman tanpa kehilangan identitas budaya. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat literasi sastra siswa melalui pelatihan penulisan dan pembacaan puisi berbasis budaya. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi penyampaian materi dasar tentang puisi dan budaya lokal, pelatihan menulis puisi dengan pendekatan kultural, praktik membaca puisi secara ekspresif, dan pementasan karya. Kegiatan dilakukan dalam bentuk lokakarya kreatif dan didampingi oleh fasilitator yang kompeten di bidang sastra. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan siswa menulis puisi dengan mengangkat tema budaya lokal, serta meningkatnya kepercayaan diri siswa dalam membaca puisi secara ekspresif. Selain itu, kegiatan ini menghasilkan luaran berupa tulisan puisi siswa yang merepresentasikan identitas kultural mereka. Penguatan literasi sastra melalui pendekatan puisi budaya terbukti mampu menjadi jembatan antara dunia pendidikan dan pelestarian nilai lokal yang bermakna.


Keywords


literasi sastra, puisi budaya, pelatihan, pengabdian masyarakat, MTs Ulumul Quran Langsa

Full Text:

PDF

References


Alwi, M., & Sholihat, Z. (2019). Pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran pada karya sastra berbasis budaya lokal kelas IV MI NW Tebaban. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1).

Arifah, Z., Ifadah, L., & Andini, L. R. (2024). Pendampingan Sekolah Moderasi Remaja melalui pembinaan literasi dan puisi moderasi beragama Madrasah Aliyah sebagai kontraradikalisme. Metalingua: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 9(1). https://doi.org/10.21107/metalingua.v9i1.24089

Arnisyah, S., Lastaria, L., & Fajeri, A. A. (2023). Pelatihan menulis puisi pada siswa SMAN-1 Kuala Pembuang. Lectura: Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i1.1346

Bangki, M., Al Katuuk, U. M. K., & Ratu, D. M. (2025). Kajian nilai-nilai didaktis dalam puisi lisan Salamat Tonggina Bolaang Mongondow dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra. KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni, 5(1). https://doi.org/10.53682/kompetensi.v5i1.10958

Budiharto, B., Triyono, T., & Suparman, S. (2018). Literasi sekolah sebagai upaya penciptaan masyarakat pembelajar yang berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan. Seunebok Lada, 5(2).

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Realitas bahasa terhadap budaya sebagai penguatan literasi pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Fazri, C. A., & Abror, M. (2025). Strategi peningkatan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas XI melalui penggunaan video visual bertema kerusakan alam. Deiktis: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.53769/deiktis.v5i1.1429

Hadi, S. (2023). Optimalisasi pembelajaran digital: Meningkatkan literasi membaca dan menulis di kalangan siswa pada pembelajaran daring. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(3), 591–606. https://ejournal.lumbungpare.org/index.php/maras

Hasbi, & Saiful Bahgia. (2024). Peran Hikayat Aceh sebagai media dalam pelestarian dan pemajuan budaya lokal. Jurnal Kreasi Rakyat, 2(2).

Hilaliyah, T., & Wahid, F. I. (2020). Pengembangan media Big Book berbasis budaya Banten untuk meningkatkan literasi membaca sastra siswa kelas awal. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 3(1).

Iskandar, I. (2022). Pengembangan strategi dalam menyampaikan pesan dakwah melalui seni dan budaya: Memahami penyampaian nilai-nilai Islam melalui kesenian. Etika: Jurnal Ilmiah, 1(2). https://jurnalsains.id/index.php/etika/article/view/71

Lailiyah, N., Sasongko, S. D., & Pradana, D. S. (2024). Literature as a bridge across generations: Teaching strategies for correlating students with cultural heritage. Efektor, 11(2). https://doi.org/10.29407/e.v11i2.23484

Marlina, T., & Halidatunnisa, N. (2022). Implementasi literasi sosial budaya di sekolah dan madrasah. Al Madrasah, 6(2). https://doi.org/10.35931/am.v6i2.1002

Oktaviasary, A., & Sutini, A. (2024). Gempuran budaya modern terhadap budaya lokal generasi Alpha: Tinjauan literatur review. Onoma: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10(4). https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4123

Paramitha, P. E. P. (2023). Upaya pengembangan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD dengan memanfaatkan media lingkungan. Metta: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(4). https://doi.org/10.37329/metta.v3i4.3010

Puspita, A. M. I., Santosa, A. B., Basuki, Y., Purnomo, Y. D., & Nuriadin, I. (2019). Peningkatan kemampuan menulis kreatif siswa sekolah dasar melalui pembelajaran berbasis kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), xx-xx. https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.2037

Rohmah, N., Pramulia, P., & Pramujiono, A. (2024). Mencipta puisi berbasis pemahaman unsur-unsur pembangun puisi siswa SMA Assa’adah, Gresik. Jurnal BATIK, 2(3). https://doi.org/10.57152/batik.v2i3.1791

Ronaldo, R., Putra, Y. P., & Mahdijaya, M. (2025). Peningkatan kemampuan apresiasi sastra melalui pengajaran puisi di SMP Muhammadiyah Boarding School Arga Makmur. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 3(1). https://doi.org/10.59407/jpki2.v3i1.1357

Tamala, R., Dewi, R., & Hamzah, R. A. (2025). Penerapan apresiasi reseptif, pendekatan didaktis, emotif dan analitis terhadap sastra anak. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 6(1). https://doi.org/10.23969/wistara.v6i1.24455

Wahid, A. H., Muali, C., & Qodratillah, K. R. (2018). Pengembangan karakter guru dalam menghadapi demoralisasi siswa perspektif teori dramaturgi. Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i6.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.