PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MARITIM TERINTEGRASI SISTEM AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID DENGAN TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN LAUT PADA SISWA /I SMK PELAYARAN MALAHAYATI

Siska Yoniessa, Laila Puspita Sari, Irene Evi Krismawati, Ikhwanuddin Ikhwanuddin

Abstract


Dalam era globalisasi dan digitalisasi saat ini, pendidikan maritim menghadapi tantangan besar untuk mengikuti perkembangan teknologi sekaligus meningkatkan kesadaran lingkungan bagi para siswa. SMK Pelayaran Malahayati, sebagai lembaga pendidikan vokasidi bidang maritim, memilikiperanpenting dalam membekali siswa dengan kompetensi bahasa Inggris maritim yang memadai, mengingat bahasa Inggris merupakan bahasa komunikasi utama di industri pelayaran internasional.

Namun, berdasarkan observasi awal dan diskusi dengan para pendidik di SMK Pelayaran Malahayati, ditemukan bahwa Pendidikan bahasa Inggris maritim di SMK Pelayaran Malahayati memiliki tantangan besar dalam meningkatkan pemahaman siswa/ i terhadap terminologi dan komunikasi dalam konteks dunia maritim yang global. Meskipun bahasa Inggris sangat penting untuk mempersiapkan siswa dalam


Keywords


Pendidikan Vokasi, Bahasa Inggris Maritim

Full Text:

PDF

References


Cole,C.,&Trenkner,P.(2011).MaritimeEnglish:TheInternationalLanguageofthe Sea. WMU Journal of Maritime Affairs.

Billinghurst, M., Clark, A., & Lee, G. (2015). A Survey of Augmented Reality. Foundations and Trends in Human–Computer Interaction.

Hwang, G. J., & Tsai, C. C. (2020). Research Trends in Mobile and Ubiquitous Learning: A Review of Publications in Selected SSCI Journals from 2001 to 2010. British Journal of Educational Technology.

Palmer, J.A. (1998). Environmental Education inthe 21st Century: Theory, Practice, Progress, and Promise. Routledge.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass.

Hungerford, H. R., & Volk, T. L. (1990). Changing Learner Behavior Through Environmental Education. The Journal of Environmental Education.

Thomas,J.W.(2000).AReviewofResearchonProject-BasedLearning.TheAutodesk Foundation

Dede, C. (2009). Immersive Interfaces for Learning: Opportunities and Challenges. Science.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning. Cambridge University PressHwang, G. J., & Tsai, C. C. (2020). Research Trends in Mobile and Ubiquitous Learning: A Review of Publications in Selected SSCI Journals from 2001 to 2010. British Journal of Educational Technology.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i7.2729-2734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.