PEMANFAATAN META BUSINESS SEBAGAI PLATFROM DIGITAL MARKETING DI PT TELKOM KALTIMTARA
Abstract
PT Telkom Indonesia telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan digital yang aktif menggunakan platform meta bisnis . Strategi pemasaran digital yang dimulai sebelum pandemi Covid-19 dan terbukti telah memberikan dampak besar selama pandemi dengan meningkatnya aktivitas masyarakat di media sosial. Melalui fitur iklan dan pesan langsung untuk mempromosikan produk Indibiz ke segmen B2B, dengan biaya yang relatif rendah dan efektif dalam menjangkau wilayah-wilayah luas di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara observasi langsung terhadap pemanfaatan platform tersebut. Hasil wawancara dan observasi menunjukkan
bahwa pemanfaatan meta bisnis tidak hanya mendukung promosi produk tetapi platform ini juga memfasilitasi akses pelanggan untuk mendapatkan informasi, berkonsultasi, dan pendaftaran layanan secara online . Hal ini membuktikan bahwa penggunaan teknologi digital dapat meningkatkan efisiensi dan menjawab kebutuhan pelanggan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhilni, R. D., Putri, N. A. A., Eden, A. H. R. J., Wicaksono, T. M. A., Nisa, T. K., & Nuryananda, P. F. (2023). UPAYA PENGEMBANGAN UMKM KELURAHAN KEDUNG BARUK MELALUI WORKSHOP
INSTAGRAM BUSINESS SEBAGAI MEDIA PROMOSI
DIGITAL. Journal of Community Service (JCOS), 1(3), 137-145.
Burhanuddin, F. H. B., Arif, M. R., & Asdar, M. (2023). Analisis Pemanfaatan Metaverse-Roblox Sebagai Media Komunikasi Bisnis dan Pemasaran. Journals of Social, Science, and Engineering, 2(2), 121-127.
Devina, A. P., Artani, K. T. B., Tiawan, T., & Juliharta, I. G. P. K. (2024).
Penerapan Social Media Plan pada Instagram XD Radio Yudha
Meningkatkan Brand awareness. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 13(1), 157-171.
Fadilla, D. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BRAND ORANGE CAKE UNTUK MENINGKATKAN BRAND POSITIONING MENGGUNAKAN META BUSINESS SUITE (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG).
Firmansyah, W., Sutabri, T., Yanti, D. D., & Pratiwi, N. A. (2024). Analisis
peluang dan tantangan pemanfaatan metaverse sebagai pemasaran digital. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(18), 1009-1016.
Hendrasari, E., Isnata, F., Yulfajar, A., Studi Akuntansi, P., & Tinggi Ilmu
Ekonomi Mahardhika, S. (2023). Penerapan Digital Marketing Terhadap Penjualan UMKM Filiya Galeri. Februari, 3(2), 188–193.
https://embiss.com/index.php/embiss/article/view/208
Himawan, M. T., & Farida, S. N. (2024). Penggunaan Sosial Media Marketing Sebagai Upaya Meningkatkan Jumlah Pengunjung di Blitar Park. AlKharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(6), 4312-4321.
Indrapura, P. F. S., & Fadli, U. M. D. (2023). ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING DI PERUSAHAAN CIPTA GRAFIKA. JURNAL ECONOMINA, 2(8), 1970–1978. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.699
Kertarajasa, A. Y., Annisa, M. L., Wulan, C. A., Lediana, S., & Aisah, S. N. (2024). PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING UNTUK
MENINGKATKAN PENJUALAN BAGI UMKM MITRA BINAAN PT. KILANG PERTAMINA INTERNASIONAL REFINERY UNIT III PLAJU PALEMBANG. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(3), 73-80.
Listiyani, L. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Segment Government PT.Telkom Indonesia Witel Yogyakarta Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan. 1(3).
Maghfiroh, M., & Rahmawati, N. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Serta Membangun Brand Awareness Pada Umkm Rengginang Gr Wedoro. Jurnal Nusantara Berbakti, 2(1), 153-166.
Rahmawati, E. P., & Purwanto, S. (2022). Optimasi Media Sosial Instagram
Sebagai Penunjang Digital Marketing Pada Pt Disty Teknologi Indonesia. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 36-40.
Wiranata, I. K. A., Agung, A. A. P., & Prayoga, I. M. S. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Quality Product dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Roti di Holland Bakery BatuBulan. EMAS, 2(3).
Yacub, R., & Mustajab, W. (2020). Analisis pengaruh pemasaran digital (digital marketing) terhadap brand awareness pada e-commerce. Jurnal Manajerial, 12(2), 198.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i7.2646-2652
Refbacks
- There are currently no refbacks.