PROGRAM MATRIKULASI: PENDAMPINGAN CALON MAHASISWA UNIVERSITAS KATOLIK PARAHYANGAN (UNPAR) DARI KABUPATEN NDUGA, PAPUA

Melania Eva Wulanningtyas, Christina Ester Manthalina Hutabarat, William Xaveriano Waresindo, Arfin Arfin

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemahaman peserta program matrikulasi bagi calon mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) pada beberapa aspek/materi dasar, yakni: numerasi, literasi, logika berpikir, pendidikan rohani, pendidikan karakter, pendidikan jasmani, pendidikan TIK, dan persekutuan doa. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa peserta memiliki pemahaman yang cukup baik dalam materi pendidikan rohani, pendidikan karakter, dan persekutuan doa, meskipun mereka menunjukkan hasil yang lebih rendah dalam bidang numerasi dan literasi, yang kemungkinan disebabkan oleh keterbatasan akses pendidikan di daerah asal mereka. Selain itu, pada materi logika berpikir, ditemukan adanya kesulitan dalam penerapan penalaran logis akibat kurangnya pengalaman dengan latihan soal yang menantang. Pada pendidikan jasmani dan olahraga serta pendidikan TIK, peserta menunjukkan hasil yang bervariasi, dengan beberapa peserta mengalami kesulitan dalam mengakses teknologi yang dibutuhkan untuk pembelajaran. Kesimpulannya, program matrikulasi perlu disesuaikan dengan kondisi peserta untuk memperbaiki pemahaman dalam bidang numerasi dan literasi serta memberikan lebih banyak kesempatan untuk pengembangan kemampuan logika berpikir dan TIK. Pendekatan berbasis konteks dan perhatian terhadap keberagaman latar belakang peserta sangat penting untuk memastikan keberhasilan matrikulasi dalam mempersiapkan mahasiswa baru di UNPAR

Keywords


matrikulasi, calon mahasiswa, Papua

Full Text:

PDF

References


Alpino, O. R. (2024, Desember 10). Akses dan Fasilitas Masih Minim, Pendidikan di Indonesia Timur Jadi Sorotan. Diambil kembali dari Akurat: https://www.akurat.co/nasional/1305407091/akses-dan-fasilitas-masih-minim-pendidikan-di-indonesia-timur-jadi-sorotan

Anonim. (2023, September 13). Matrikulasi Prodi S1 Adminkes dan D3 Keperawatan. Diambil kembali dari STIKES Ngesti Waluyo: https://stikesngestiwaluyoparakan.ac.id/matrikulasi/

Artono, D. D. (2023, Juni 1). Mengungkap Ketimpangan yang Membelah Indonesia Timur dan Barat. Diambil kembali dari Kompasiana: https://www.kompasiana.com/dion99229/647890d38221991cdc614332/mengungkap-ketimpangan-yang-membelah-indonesia-timur-dan-barat

Azzizah. (2015). Socio-Economic Factors on Indonesia Education Disparity. International Education Studies, 8(12), 218-230. doi:10.5539/ies.v8n12p218

Bettinger, E. P., & Long, B. T. (2009). Addressing the Needs of Underprepared Students in Higher Education. The Journal of Human Resources, 44(3), 736-771. doi:10.3368/jhr.44.3.736

Bonfert-Taylor, p., Betsinger, A., Wilkinson, H., Helm, R., Zhang, Y., & Ponaka, P. (2019). Impact of First-Year Programming for Underprepared Students. 2019 ASEE Annual Conference & Exposition. Florida. doi:10.18260/1-2--32932

Brower, R. L., Nix, A. N., Daniels, H., Hu, X., Jones, T. B., & Hu, S. (2021). A Pedagogy of Preparation: Helping Underprepared Students Succeed in College-Level Coursework in Community Colleges. Innovative Higher Education, 46(2), 153. doi:10.1007/s10755-020-09531-9

Delahunty, M. (2025). Peer Tutoring: A Win-Win for Digital Learning in Schools. Diambil kembali dari TeachNet: https://teachnet.ie/peer-tutoring-a-win-win-for-digital-learning-in-schools/

Grice, A., Tsang, E., & Cavalli, M. (2019). Students, Facilitating the Success of Academically Under-Prepared. 2019 FYEE Converence. Pennsylvania: Penn State University. doi:10.18260/1-2--33693

Johnson, J. L. (1995). Underprepared Students in an Alternative College Program: How Do They Fare? Research and Teaching in Developmental Education, 11(2), 21-30.

Kusaeri, & Wahyudi, N. (2024). The Relative Influence of Age, Gender, Regional Differences and Their Relationship with Students' Numeracy Levels on Madrasah Competency Assessment in Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 13(2), 288-297. doi:10.23887/jpiundiksha.v13i2.63570

Manggau, F. X. (2022). A Survey of Students' ICT Competencies for Developing Industry-Based Curriculum: An Empirical Study of Papuan Higher Education Students. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(1), 35-42. doi:10.35445/alishlah.v14i1.986

Maulana, R. (2022). Kesenjangan Mutu Pendidikan Di Wilayah Timur Indonesia. Bandung: Padjajaran University Public Administration. Diambil kembali dari https://www.researchgate.net/publication/365893465_Kesenjangan_Mutu_Pendidikan_di_Wilayah_Timur_Indonesia

Medina, M. I. (2024, Maret 16). Matrikulasi: Apa Itu, Tujuan, Manfaat Mengikutinya. Diambil kembali dari Glints: https://glints.com/id/lowongan/matrikulasi-adalah/

Mufida, F. A. (2019). Relationship Between Religiosity and the Level of Moral Reasoning of High School Student. Indonesian Psychological Research, 1(2), 67-75. doi:10.29080/ ipr.v1i2.203

Munawaroh, L. (2024). The Impact of Teacher Teaching in Developing Critical Thinking on Students' Critical Reading Ability. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18(2), 1217-1223. doi:10.35931/aq.v18i2.3397

Noviantri, I. (2020). Matriculation: A Program to Increase the Initial Ability of Mathematics Education Student. Proceedings of the 2nd International Conference on Innovation in Education and Pedagogy (ICIEP 2020) (hal. 85-87). Tarakan: Universitas Borneo Tarakan.

Putra, M. F. (2020). Bagaimana Motivasi Olahraga Mahasiswa Di Papua? Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 5(1), 51-60. doi:10.17509/jtikor.v5i1.24415

Thom, D. M. (2014). The Underprepared College Student: How Non-Cognitive Factors Influence Academic Preparedness. Journal of Studies in Education, 4(1), 59-76. doi:10.5296/jse.v4i1.4764

UNPAR, H. (2024, Oktober 11). UNPAR dan Kabupaten Nduga Teken MoU, Perkuat Pendidikan Bagi Putra-Putri Papua. Diambil kembali dari Universitas Katolik Parahyangan: https://unpar.ac.id/unpar-dan-kabupaten-nduga-teken-mou-perkuat-pendidikan-bagi-putra-putri-papua/

Utami, A. N., Triyanto, & Nurhasanah, F. (2022, November 28). The Critical Thinking Ability of Indigenous Students in West Papua Based on Their Tribe. AIP Conference Proceedings. doi:10.1063/5.0117115

Warwer, F. (2024). The Relationship between the Religiosity and Integrity of Young Generations in Papua, Indonesia: Studies from a Christian Perspective. Religions, 15(7), 839. doi:10.3390/rel15070839

Wong, K. M. (2019). The Influence of Early Literacy Characteristics and SES on The Literacy Achievement of Students Who Speak Non-Dominant Languages In Indonesia. International Journal of Indonesian Education, 3(2), 240-252. doi:10.24071/ijiet.2019.030211

Wulandari, C., & Jones, S. M. (2022). Academic and Social Integration Experiences of Papuan Students Studying in Java. Jurnal Psikologi, 49(3), 229-254. doi:10.22146/jpsi.64138

Yadusky, K., Kheang, S., & Hoggan, C. (2020). Helping Underprepared Students Succeed: Minimizing Threats to Identity. Community College Journal of Research and Practice, 45(4), 1-14. doi:10.1080/10668926.2020.1719939

Zulkarnaen, & Handoyo, A. D. (2019). Faktor-faktor Penyebab Pendidikan Tidak Merata Di Indonesia. Seminar Nasional "Menjadi Mahasiswa yang Unggul Di Era Industri 4.0 dan Society 5.0" (hal. 20-24). Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan. Diambil kembali dari https://bimawa.uad.ac.id/wp-content/uploads/Paper-Seminar-Nasional-2.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i7.2710-2720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.