INOVASI DIGITAL: PENINGKATAN LITERASI DIGITAL KREATIF BAGI SEKA TERUNA TERUNI DI DESA SELAT KABUPATEN BADUNG

Vitalia Fina Carla Rettobjaan, A A Ngurah Bagus Aristayudha, Ni Made Widnyani, Putu Diana Wulandari, Putu Yogistana Ananda Dika, Ni Luh Trisna Cariza Dewi

Abstract


Perkembangan teknologi digital menuntut generasi muda untuk memiliki literasi digital yang tidak hanya bersifat konsumtif, tetapi juga kreatif dan produktif. Literasi digital menjadi keterampilan esensial bagi generasi muda dalam menghadapi era digital. Namun, masih banyak pemuda di pedesaan yang memiliki keterbatasan dalam memahami dan memanfaatkan teknologi secara produktif. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital kreatif bagi Seka Teruna Teruni di Desa Selat melalui pelatihan berbasis inovasi digital. Metode yang digunakan meliputi pendekatan partisipatif dengan pelatihan langsung, diskusi interaktif, serta praktik pembuatan konten digital yang relevan dengan kearifan lokal. Peserta diberikan wawasan mengenai keamanan digital, strategi pemasaran digital, serta teknik produksi konten kreatif. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam memanfaatkan teknologi digital secara inovatif dan bertanggung jawab untuk keperluan edukatif, kewirausahaan, dan pelestarian budaya. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan generasi muda di Desa Selat mampu menjadi inovator digital yang berdaya saing dan berkontribusi positif dalam masyarakatt, serta mampu beradaptasi dan berkontribusi dalam ekosistem digital secara lebih produktif.

Keywords


Literasi Digital; Inovasi Digital; Kreatif

Full Text:

PDF PDF

References


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2023). Laporan Survei Internet Indonesia 2023. Jakarta: APJII.

Jenkins, H., Ito, M., & Boyd, D. (2019). Participatory Culture in a Networked Era: A Conversation on Youth, Learning, Commerce, and Politics. Polity.

Jones, R. H., & Hafner, C. A. (2021). Understanding Digital Literacies: A Practical Introduction. Routledge.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). Jakarta: Balitbang Kemenkes RI; 2013.

Kurniawan, R., & Dewi, S. (2021). Pentingnya Kesadaran Keamanan Digital di Era Media Sosial. Jurnal Keamanan Siber, 5(2), 45-60.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2022). Marketing 5.0: Technology for Humanity. Wiley.

Livingstone, S., & Helsper, E. J. (2020). Gradations in digital inclusion: Children, young people, and the digital divide. New Media & Society, 22(7), 1243-1261.

Nugroho, A., Suryanto, T., & Lestari, M. (2022). Strategi Mitigasi Risiko Digital bagi Pengguna Media Sosial. Jurnal Teknologi Informasi, 10(1), 78-92.

Ng, W. (2021). New Digital Learning: The 21st Century Skills and Competencies. Springer.

Pangrazio, L., & Sefton-Green, J. (2022). Learning to Live with Datafication: Educational Case Studies and Initiatives from Across the World. Routledge.

Pratama, H., & Setiawan, B. (2021). Peningkatan Kompetensi Literasi Digital Melalui Pelatihan Berbasis Praktik di Masyarakat Pedesaan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Digital, 7(3), 112-125.

Putri, D. F., Sari, R., & Widodo, P. (2023). Program Literasi Digital Berkelanjutan dan Dampaknya terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa. Jurnal Transformasi Digital, 11(4), 150-165.

Rachman, A., Hidayat, Y., & Ningsih, T. (2020). Aksesibilitas Sumber Daya Pembelajaran Digital di Komunitas Pedesaan. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 8(2), 95-110.

Rahman, A., Sari, D. P., & Nugroho, S. (2022). Digital literacy challenges and opportunities in rural communities. Journal of Digital Society, 4(1), 45-60.

Susanto, J., Rahmawati, N., & Budiarto, H. (2022). Intervensi Teknologi dalam Meningkatkan Literasi Digital Generasi Muda: Sebuah Studi Kasus. Jurnal Inovasi Digital, 9(3), 205-220.

Wahyudi, A., & Ramadhan, S. (2023). Tantangan Transformasi Digital di Kalangan Pemuda Desa: Studi Empiris di Indonesia. Jurnal Sosial Digital, 12(1), 33-48.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i6.2201-2208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.