STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA, PARIWISATA DAN DIGITALISASI SEBAGAI PILAR BERKELANJUTAN EKONOMI LOKAL

Insan Mustawa Khan, Fauziah Apriyani

Abstract


Pengembangan sumber daya manusia (SDM), pariwisata, dan digitalisasi merupakan tiga pilar penting dalam menciptakan ekonomi lokal yang berkelanjutan, terutama bagi perusahaan yang bergerak dalam sektor transportasi dan logistik seperti PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL). Dalam konteks ini, BULL berupaya memanfaatkan pengembangan SDM yang berkualitas untuk mendukung keberlanjutan operasional dan daya saing perusahaan. Selain itu, sektor pariwisata yang terintegrasi dengan pelayanan transportasi menjadi peluang untuk memperkuat perekonomian lokal dengan menciptakan destinasi wisata yang lebih menarik dan terjangkau. Digitalisasi dalam segala aspek operasional dan layanan pelanggan juga menjadi kunci utama dalam meningkatkan efisiensi, memperluas jangkauan pasar, serta mempercepat proses transformasi bisnis menuju era industri 4.0. Dengan mengintegrasikan ketiga pilar ini, PT Buana Lintas Lautan Tbk dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi lokal yang inklusif dan berkelanjutan, serta menciptakan lapangan kerja yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan.


Keywords


Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pariwisata, Digitalisasi, Ekonomi Lokal

Full Text:

PDF

References


Agus Wahyudi, Gresceilla Septiarini Anwar, Octavia Nuril Kamila, & Danisa Rada Silviana. (2024). Strategi Pengembangan Sektor Industri Kreatif Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 4(3), 274–288. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v4i3.3064

Azhari, Moh. M. E. D. M. , E. T. S. A. (2023). Pengembangan Badan Usaha Milik Desa Melalui Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia.

Berliandaldo, M., Wijaya Holman Fasa, A., & Andriani, D. (2022). Implikasi Peran Destination Management Organization (Dmo) – Destination Governance (Dg) Dalam Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan. Jurnal Kepariwisataan, 21(2), 113–129. https://doi.org/10.52352/jpar.v21i2.845

Hasna, A. (2024). PARIWISATA RELIGI SEBAGAI PARIWISATA BERKELANJUTAN: PREFERENSI PENUNJANG EKONOMI KERAKYATAN DI KOTA SEMARANG Hasna Azhaari ARTICLE INFO ABSTRAK. In Jurnal Manajemen Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Vol. 10, Issue 1).

Jaelani, A., & Hanim, T. F. (2021). Teknologi Digital, Keberlanjutan Lingkungan, Dan Desa Wisata Di Indonesia. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 6(2), 237. https://doi.org/10.24235/jm.v6i2.9613

Latara Indah, C., Alfarizy, R., & Imam Wahjono, S. (2025). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Ekonomi Lokal di UMKM surababaya. EMBISS), 5(2), 130–136. https://embiss.com/index.php/embiss/article/view/361

Maulia, E. I., & Setiyono, B. (2023). Collaborative Governance Dalam Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran: Analisis Dampak Digitalisasi Desa Wisata. Journal of Politic and Government Studies, 31(1), 404–418. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/download/42391/30457

Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi Umkm Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 9(2), 184. https://doi.org/10.30998/jabe.v9i2.13703

Nursalim, F., Anshori, I., Setiyarini, T., & Maksum, M. (2024). Pengembangan Keterampilan Wirausaha Perempuan dalam Mendukung. Journal of Strategic Management and Business Simulation (JMASSBI), 5(1), 2746–6868. https://doi.org/10.25077/mssb.5.1.95-116.2024

Perwirasari, D. N., & Sukmawati, A. M. (2020). Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Berbasis Industri Kreatif di Kota Mojokerto. Jurnal Penataan Ruang, 95. https://doi.org/10.12962/j2716179x.v15i2.7653




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i5.2092-2098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.