SOSIALISASI KEPEMIMPINAN VISIONER KEPADA REMAJA KARANG TARUNA KELURAHAN KALISARI RT 07 RW 01 KEC. PASAR REBO JAKARTA TIMUR
Abstract
Anggota karang taruna RT07/01 Kelurahan Kalisari adalah para remaja yang usianya sekitar 15- 25 tahun. Mereka aktif mengadakan kegiatan seperti merayakan hari kemerdekaan Indonesia (17 Agustus) untuk menyiapkan berbagaimacam jenis kompetisi yang diikuti oleh para wanita dan anak-anak. Ketika mereka rapat, sering kali remaja karang taruna lama dalam mengambil keputusan dan belum memiliki rencana kerja untuk kegiatan selanjutnya sehingga waktu rapat berjalan lambat. Hal ini terjadi kemungkinan, mereka belum memiliki jiwa seorang pemimpin. Dengan permasalahan tersebut kami dari tim pelaksana pengabdian masyarakat ingin memberikan sosialisasi mengenai kepemimpinan visoner. Diselenggarakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk berbagi ilmu dan pengalaman agar seluruh anggota karang taruna memiliki jiwa seorang pemimpin, khususnya kepemimpinan visioner yang cepat tanggap dengan situasi dan kondisi yang akan dijalankan pada saat mereka menjadi seorang pemimpin baik berada di lingkungan rumah maupun instansi. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu metode ceramah dilanjut dengan sesi tanya jawab. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk remaja karang taruna RT07/01 Kelurahan Kalisari adalah berjalan lancar dan para peserta sangat antusias untuk mengikuti sosialisasi ditandai dengan mengajukan banyak pertanyaan pada saat kegiatan berlangsung dan hasil kuesioner.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alexandra, T. K., Hardhienata, S., & Herfina, H. (2023). Penguatan Kepemimpinan Visioner Dan Kepuasan Kerja Dalam Upaya Peningkatan Organizational Citizenship Behaviour. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 11(1), 022-027.
Arief, M. R., & Adi, A. S. (2014). Peran karang taruna dalam pembinaan remaja di dusun candi Desa Candinegoro Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Kajian moral dan kewarganegaraan, 2(1), 190-205.
Hertanti, S. (2019). Pelaksanaan program karang taruna dalam upaya meningkatkan pembangunan di Desa Cintaratu Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 4(4), 69-80
Irwana, A. (2015). Kepemimpinan visioner kepala sekolah dan kinerja guru terhadap efektivitas sekolah di sekolah dasar. Jurnal administrasi pendidikan, 12(2).
Wantu, K. I., Sutisna, I., & Setiyowati, E. (2024). Analisis Pengelolaan Program Karang Taruna di Desa Bube Baru Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Student Journal of Community Education, 328-335.
Sukmayanti, E., Hidayat, N., & Herfina, H. (2021). Penguatan Kepemimpinan Visioner Dan Motivasi Kerja Dalam Upaya Meningkatkan Kreativitas Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 96-101.
Mukti, N. (2018). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah. Jurnal Kependidikan, 6(1), 71-90.
Rachman, E. A., Humaeroh, D., Sari, D. Y., & Mulyanto, A. (2023). Kepemimpinan Visioner Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 1024-1033.
Sunoto, I., & Nulhakim, A. L. (2017). Mengukur Tingkat Partisipasi Pemuda Dalam Program Karang Taruna Dengan Pendekatan Metode Fuzzy Infrence System Mamdani. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 711-720.
Ulpah, M., Agustini, A., Sofiah, L., & Basrowi, B. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Mutu Pendidikan. Journal on Teacher Education, 4(3), 521-531.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i5.1998-2004
Refbacks
- There are currently no refbacks.