DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA PETANI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI DESA MARGAMUKTI

Asep Kurnia Jayadinata, Gia Nikawanti, Haliatun Nisa, Idat Muqodas, Nur Asy Syifa Jamilah, Regina Nurlena

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak pola asuh orang tua petani terhadap perkembangan sosial anak usia dini di Desa Margamukti. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam terhadap empat keluarga petani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh demokratis dominan diterapkan, melibatkan anak dalam pengambilan keputusan, pembagian tugas sederhana, dan interaksi sehari-hari yang membangun kerja sama, tanggung jawab, serta komunikasi. Pola asuh ini, didukung oleh lingkungan pedesaan, memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan sosial anak, seperti kemampuan berinteraksi, empati, dan kemandirian. Meskipun tantangan berupa keterbatasan waktu dan kesibukan bertani hadir, orang tua tetap berupaya menciptakan lingkungan yang mendukung. Dengan demikian, pola asuh orang tua petani di Desa Margamukti berperan penting dalam membentuk kemampuan sosial anak usia dini yang adaptif dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Keywords


Pola Asuh, Perkembangan Sosial, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Agusniatih, A., & Monepa, J. M. (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini "teori dan metode pengembangannya. Jawa Barat: Edu Publisher.

Anisah, A. S. (1997) Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak 70-84.

Baumrind D. 1966 Prototypical descriptions of 3 parenting styles. Psychology.

Candra, A.N., Sofia, A., & Anggraini, G. F. (2017). Gaya Pengasuhan Orang Tua pada Anak usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2).

Dachlan, A. M., Erfansyah, N. F., & Taseman. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Helms, D. B. & Turner, J.S. (1983). Exploring Child Behavior. New York: Holt Rinehartand Winston.

Hurlock, E, B. (1978).“Perkembangan Anak Jilid II Edisi Keenam”.PT.Gelora Aksara.

Hurlock, E. B., Terj., M., & Muslishah Zarkasih. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi: keenam. Jakarta: Penerbit Erlangga (Anggota IKAPI).

Kartono, Kartini. (1986). Psikologi Anak. Bandung: Alumni.

Khadijah, M. A., & Jf, N. Z. (2021). Perkembangan sosial anak usia dini teori dan strateginya. Merdeka kreasi group.

Marintan Marintan, D., & Priyanti, N. Y. (2022). Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5331–5341. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3114

Putri, N. M., Sari, S., Setianingsih, S., & Widjayatri, RR. D. (2021). Character Based-Area Learning Model In Young Children. Journal of Early Childhood Education Papers, 1(1), 1– 11. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/jece/article/view/23756

Pangaribuan, T. (2017). The correlation of parenting style with children sosial emotional development in kindergarten school at xaverius 1 Jambi. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 6(1), 22–24. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijeces/article/view/15782

Robbiyah, R. Ekasari, D., & Witarsa, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dint, 2011, 74. https://doi.org/10.31004/ohsesi.v211.10.

Santrock, J.W. (2007). Perkembangan anak (Terjemahan Mila

Rahmawati dan Anna Kuswami). Texas: The University of Texas at Dallas.

Wibowo, Y. (2012). Psikologi Anak Usia Dini. Jakarta: Gramedia.

Membahas pola interaksi orang tua dan anak dalam konteks perkembangan emosional.

Yang, C. (2021). Moral education in mainland China.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i3.1163-1171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.