PELATIHAN MANAJEMEN KONFLIK DAN MANAJEMEN WAKTU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK BAGI SISWA DI MAS ALKHAIRAAT SIDANGOLI
Abstract
Pendidikan adalah fondasi penting dalam membangun masa depan yang cerah bagi generasi muda. Di MAS Al-Khairat Sidangoli, kami berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang tidak hanya fokus pada pencapaian akademik, tetapi juga pada perkembangan menyeluruh siswa. Untuk itu, kami memperkenalkan pelatihan dengan pendekatan holistik yang dirancang khusus untuk meningkatkan prestasi akademik siswa melalui manajemen konflik, manajemen waktu, dan best practice cara belajar yang efektif. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah Meningkatkan pemahaman siswa tentang manajemen konflik, Mengajarkan keterampilan manajemen waktu, dan Memperkenalkan best practice cara belajar yang efektif kepada siswa. Metodologi pelatihan ini mencakup beberapa tahapan, diantaranya Identifikasi Kebutuhan, Perancangan Materi Pelatihan, Implementasi Pelatihan, dan Pembuatan laporan pengabdian. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat dikategorikan berhasil dari segi partisipasi peserta, dengan kehadiran penuh dari 25 siswa yang diundang. Para peserta menganggap kegiatan ini sangat bermanfaat karena memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai manajemen konflik dan manajemen waktu, yang mereka pandang sebagai keterampilan penting untuk dikembangkan. Pengalaman baru yang diperoleh selama pelatihan ini juga memberikan inspirasi kepada para siswa untuk meningkatkan prestasi akademik mereka, dengan menerapkan praktik belajar yang efektif. Selain itu, kegiatan ini berhasil mengimplementasikan konsep manajemen konflik dan manajemen waktu di kalangan siswa MAS Alkhairaat Sidangoli, yang diharapkan dapat berdampak positif terhadap proses belajar mereka di masa mendatang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
adam, A., Fitrianto, A. R., Usman, A. H., Aksan, S. M., & Zaini, M. (2024). Evaluation Of The Implementation Of The Annual Conference Of Education Culture And Technology ( Acect ) 2022 Using The Model Outcome-Based Evaluation ( Obe ). Education Spesialist. Journal Of Tinta Emas, 2(1), 21–26. Https://Doi.Org/10.59535/Es.V2i1.298
Adiyana Adam.Rusna Gani. (2023). Pengembangan Profesionalisme Guru Madrasah Tsanawiyah (Refleksi Studi Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ternate). In A (Ed.), Buku (1st Ed., Issue 1). Cv Widina Media Utama.
Adi, H. C., Zulvia, M., & Asyha, A. F. (2019). Studi kompetensi guru dan linieritas pendidikan dalam peningkatan prestasi belajar siswa di SD Negeri 1 Gunung Tiga dan SD Negeri 1 Ngarip Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 245-255
Minabari, K. H., & Adam, A. (2024). Membangun Minat Baca Anak-Anak Melalui Pojok Baca Masyarakat Di (Mis) Al-Ma'arif Desa Bobisingo Kecamatan Galela Utara. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(9), 3625-3634.
Pahmi, P., Ardiya, A., Syahfutra, W., Wibowo, A. P., Niah, S., & Febtiningsih, P. (2018). Pelatihan penggunaan Mendeley untuk referensi dalam menulis karya ilmiah bagi guru SMA Handayani Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2), 35-39.
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40.
Wahyudin, W. (2018). Optimalisasi peran kepala sekolah dalam implementasikurikulum2013.JurnalKependidika6(2),249-65
.Zainal A. Marasabessy. Adiyana Adam. Hatija Ngongira.Sulastri Bahrudin. Rina La Ma’a5. Supriyanto Lastory. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemetaan Aset Desa ( Studi Kasus Desa Bale Kecamatan Oba Kota Tidore Kepulauan). Jurnal Empower : JurnalPengembangan Masyaraka Islam, 7(2), 210–217.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i1.295-302
Refbacks
- There are currently no refbacks.