WORKSHOP AND TRAINING PENGEMBANGAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MITIGASI DI WILAYAH LAHAN KERING
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan sosialisasi dan pelatihan sebagai upaya mengembangkan karakter peduli lingkungan sebagai Upaya Mitigasi di wilayah Lahan Kering. Kegiatan pengabdian ini memberikan dampak baik bagi siswa SDK Maubesi 1 untuk dapat mengembangkan sikap peduli lingkungan sejak dini. Pengabdian ini menggunakan metode sosialisasi dan pelatihan secara langsung kepada siswa SDK Maubesi 1 tentang pengembangan karakter peduli lingkungan serta aksi nyata penanaman anakan pohon disekitar lingkungan sekolah. Kegiatan sosialisasi ini mendapat respon positif dari siswa sebab mendapatkan tambahan pengetahuan tentang pentingnya rasa tanggung jawab terhadap lingkungan yang berdampak pada kepentingan generasi penerus yang akan datang. Ketika karakter peduli lingkungan sudah tumbuh menjadi mental yang kuat, maka akan mendasari perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-hari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, A., F., B. (2014). Analisis implementasi kebijakan kurikulum berbasis lingkungan hidup pada program adiwiyata mandiri di sdn dinoyo 2 Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Volume 2. Nomor 2. Hal.166- 173. ISSN: 23337-7623.
Agung Manghayu, 2017. Penanggulangan Resiko Bencana Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat, Jurnal Mp (Manajemen Pemerintahan) : Vol.4, No.1 - Juni 2017
Arif Rohman. (2009). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama.
Asy’ari, M. (2006). Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma
Chazienul Ulum, 2014. Manajemen Bencana: Suatu Pengantar Pendekatan Proaktif, (Malang:UB Press)
Muslim, A., Azizah, N. D., Supriatna., Nurwulan, E. D. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan-Jurnal Ilmiah Kependidikan (JIK), 15 (1), 98-101. DOI: 10.30595/jkp.v15i1.10365.
Narwanti, S. (2011). Pendidikan Karakter pengintegrasian 18 nilai peembentuk karakter dalam mata pelajaran. Yogyakarta: Familia.
Ninsih, T.R., Winarni, E.W., & Karjiyati, V. (2018). Pendikan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program "Mahira Bebas Sampah" di SD Alam Mahira Kota Bengkulu. Jurnal PGSD. 11(1): 73-82.
PermenLHK. (2018). Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.106 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Dilindungi.
Puspitasari, Ratna. (2016). Penanaman Nilai Karakter Peduli Lingkungan dalam Muatan Enviromental Education pada Pembelajaran IPS di MI Darul Hikam Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Al Ibtida, 3 (1): 41. Diakses 29 Januari 2021 dari https://dowload.garuda.ristekdikti.g Implementasi Pendidikan Karakter Peduli... Sofiana Haul, Yosef F. Narut, Mikael Nardi 75 o.id/article.php?=Penanaman%Nila i%20Karakter%Peduli%Lingkung.
Purnomo, Bashid Hery & Endah Sudarmilah. (2015). “ AR Edugame Ayo Cintai Lingkungan sebagai Media Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 1(1): 35-39. DOI: 10.23917/khif.v1i1.1180
Sadulloh, Uyoh. (2010). Pedagogik Ilmu Mendidik. Bandung: Alfabeta
Rezkita, Shanta dan Wardani, Kristi. (2018). Pengintegrasian pendidikan Lingkungan Hidup Membentuk Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan ke-SD-an, 4 (2). Diakses 20 April 2021 dari https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.p hp/trihayu/article/view/2237.
Trahati, M. R. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap. Skripsi: 26-30. Diakses 24 Maret 2021 dari http:journal. student.uny.ac.id/ojs.index.php.pgs d/article/view/1800
Wigyono Adiyoso, 2018. Manajemen Bencana: Pengantar Isu-Isu Strategis, (Jakarta: Bumi Aksara, 2018)
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i1.350-357
Refbacks
- There are currently no refbacks.