MENINGKATKAN KESADARAN PUBLIK TENTANG TRANSFORMASI DIGITAL UMKM TRADISIONAL KE E-COMMERCE MELALUI WEBINAR NASIONAL 'FORUM DIGITALK'

Feliks Prasepta Sejahtera Surbakti

Abstract


Transformasi digital Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ke e-commerce adalah topik penting di tengah perkembangan teknologi yang pesat saat ini. Dengan lebih dari 65 juta UMKM yang berperan besar dalam PDB dan pasar tenaga kerja di Indonesia, peralihan dari metode bisnis tradisional ke e-commerce sangat penting untuk menjaga pertumbuhan dan daya saing UMKM. Progam pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu UMKM dalam mengadopsi teknologi digital untuk meningkatkan efektivitas operasi bisnis dan memperluas jangkauan pelanggan. Secara khusus, data statisik menunjukkan 83,8% UMKM di Indonesia telah mulai memanfaatkan platform digital. UMKM yang memanfaatkan e-commerce mencakup 13%. Meskipun ada kemajuan, UMKM masih menghadapi hambatan seperti infrastruktur teknologi yang terbatas dan rendahnya literasi digital. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menyimpulkan bahwa UMKM perlu mengadopsi transformasi digital, terutama dengan mengintegrasikan social commerce dan kecerdasan buatan (AI), agar tetap relevan di pasar masa depan. Secara keseluruhan, studi ini menekankan pentingnya dukungan dan edukasi berkelanjutan untuk membantu UMKM melakukan transformasi digital dengan efektif.


Keywords


Transformasi digital, adopsi e-commerce, UMKM

Full Text:

PDF

References


Farhan, A., & Shifa, A. W. (2023). Penggunaan metode pembayaran QRIS pada setiap UMKM di era digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 1198-1206.

Prasetya, W., & Surbakti, F. P. (2023). Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Webinar Nasional Building Bright Future for Generation Z bagi Siswa-Siswi SMA Jabodetabek. Jurnal Pengabdian Masyarakat Charitas, 3(02), 45-52.

Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72-87.

Rofii, A., Budiman, I. A., Sudirno, D., & Nahdi, D. S. (2023). Inovasi Produk Olahan Lele (OLELE) Untuk Meningkatkan Pemberdayaan Umkm Melalui Konten Digital di Desa Dukuh Tengah Kabupaten Tegal. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3185-3192.

Safina, L. A., Salsabila, H. A., Ammarullah, N., Marpaung, S. A., Nugroho, R. H., & Ikaningtyas, M. (2024). Implementasi Strategi E-Commerce dalam Perencanaan Bisnis Digital. MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 60-68.

Schmitt, M. (2023). Automated machine learning: AI-driven decision making in business analytics. Intelligent Systems with Applications, 18, 1-7.

Septiawan, F. E., & Ramdani, D. (2023). Analisis Faktor Pendorong Pertumbuhan Bisnis Dalam Upaya Menciptakan Strategi Bersaing UMKM: Studi Kasus UMKM yang Dikelola Mahasiswa Universitas Langlangbuana. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 1016-1022.

Tambunan, T. T. (2021). UMKM di Indonesia: perkembangan, kendala, dan tantangan. Prenada Media.

Warner, K. S., & Wäger, M. (2019). Building dynamic capabilities for digital transformation: An ongoing process of strategic renewal. Long range planning, 52(3), 326-349.

Wusqo, A. U., Fridayanti, B. E., & Aisyah, S. (2023). Pengembangan dan Pendampingan UMKM Dompet Kulit Melalui Digitalisasi Marketing Berbasis Marketplace Shopee Untuk Menunjang Pemasaran dan Peningkatan Penjualan. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 43-49.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i1.42-47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.