PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN 3D BERBASIS MOBILE BASED AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU KIMIA KABUPATEN ACEH TIMUR PROPINSI ACEH
Abstract
Pelatihan pembuatan media pembelajaran dalam rangka pemberdayaan masyarakat non produktif bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru kimia di Kabupaten Aceh timur khususnya kompetensi profesionalisme yang terdiri atas kemampuan guru dalam mengembangkan materi pelajaran dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan pelatihan dilakukan dalam beberapa sesi yaitu perencanaan, pelaksanaan dan monitoring/evaluasi. Pada tahap pelaksanaan, tahapan dibagi menjadi tahap sosialisasi media pembelajaran dan pelatihan berbentuk workshop serta pendampingan pengembangan media pembelajaran 3D berbasis AR. Berdasarkan hasil evaluasi kegaitan secara keseluruhan, diperoleh bahwa pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis AR telah berhasil dalam meningkatkan kompetensi profesional guru kimia di MGMP Aceh Timur dalam aspek kemampuan untuk mengembangkan materi pembelajaran yang kreatif dan inovatif, selain itu, untuk aspek kemampuan untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran juga dapat dikatakan meningkat. Hasil respon peserta kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis AR bagi guru kimia di Aceh Timur secara keselutuhan dinilai cukup baik, efisien dan efektif untuk meningkatkan kompetensi guru kimia. Namun, untuk aspek kualitas materi dan efektivitas pelatihan masih dapat ditingkatkan melalui penyesuaian pada konten dan metode penyampaian yang lebih interaktif dan praktis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik. (2022). Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Aceh Timur Tahun 2020. In Badan Pusat Statistik. https://doi.org/4102002.1105
Badan Pusat Statistik Kabupaten Aceh Timur. (2021). Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan di Kabupaten Aceh Timur Tahun, 2011 - 2019. Badan Pusat Statistik. https://acehtimurkab.bps.go.id/statictable/2021/03/16/68/jumlah-penduduk-menurut-kecamatan-di-kabupaten-aceh-timur-tahun-2011---2019.html
Herpich, F., Nunes, F. B., Petri, G., & Tarouco, L. M. R. (2019). How Mobile Augmented Reality Is Applied in Education? A Systematic Literature Review. Creative Education, 10(07), 1589–1627. https://doi.org/10.4236/ce.2019.107115.
Karlimah, Karlimah., A., Nuryadin., Lilis, Susilawati., Benyamin, Hartanto., Dindin, Abdul, Muiz, Lidinillah., Muhammad, Rijal, Wahid, Muharram., Sri, Ariyani, Desmawati., Irni, Rachmawati, Putri. (2023). The Development of Teachers’ Competences in Utilizing Augmented Reality-Based Media in Geometry Learning. doi: 10.35568/abdimas.v6i4.4015
Nisrina, Dwi, Fajriani., Ari, Widodo., Diana, Rochintaniawati. (2022). Penggunaan augmented reality untuk memfasilitasi perubahan representasi konseptual siswa tentang sistem endokrin dan penguasaan konsep. Jurnal Pendidikan Biologi: JBB, 12(3):164-164. doi: 10.17977/um052v12i3p164-173.
Ruiz Cerrillo, S. (2020). Augmented reality and learning in organic chemistry. Metaverse, 1(2), 9. https://doi.org/10.54517/met.v1i2.1780.
Octaviani, L., Harta, J., & Winarta, G. Y. (2022). Development of Assemblr Edu-Assisted Augmented Reality Learning Media on the Topic of Effect of Reactant’S Concentration and Catalyst on Reaction Rate. JCER (Journal of Chemistry Education Research), 6(1), 58–71. https://doi.org/10.26740/jcer.v6n1.p58-71.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i3.1227-1235
Refbacks
- There are currently no refbacks.