SCALE UP USAHA KUE MARKE DALAM MENDUKUNG KELESTARIAN KULINER TRADISIONAL
Abstract
Kuliner merupakan salah satu unsur dari budaya, keberadaan budaya pangan lokal ini dapat dijadikan sebagai simbol daerah dalam mendukung pengembangan pariwisata, sinergi gastronomi dan pariwisata dalam meningkatkan pariwisata sehingga membawa manfaat besar bagi sektor lain yang terkait yang berpijak pada kesejahteraan masyarakat. Kelompok Usaha Kue Markee merupakan kelompok usaha beranggotakan ibu-ibu PKK Desa Pahlawan yang memiliki inisiatif untuk menjadi produktif. Kelompok usaha kue Markee ini memiliki permasalahan diantaranya minim pengetahuan tentang pengolahan adonan kue yang baik, pengemasannya masih sangat sederhana dan konvensional, serta media promosi yang belum terbentuk sehingga promosi yang dilakukan masih melalui word of mouth. Berdasarkan kondisi tersebut maka diperlukan suatu kegiatan yang dapat membuat kelompok usaha Kue Markee ini lebih bisa dikenal dan diimbangi dengan produk yang lebih berkualitas dibanding dengan saat ini, sehingga ada peningkatan pendapatan bagi kelompok usaha kue markee tersebut. Oleh karena itu, maka diusulkan sebuah kegiatan FGD untuk menciptakan suatu merek dan logo yang bisa menjadi identitas produk. Kemudian diperlukan pengetahuan yang lebih baik tentang proses produksi yaitu teknik pengadonan yang lebih baik serta pemahaman terhadap pentingnya kemasan higienis dan praktis. Selanjutnya didukung dengan sarana/media promosi mencakup wilayah yang lebih luas agar bisa menjangkau minat calon konsumen yang lebih luas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriana. A, F. A. Saputri, and A. Luki, 2020, “Peningkatan Omset Penjualan Melalui Pembuatan Logo Dan Promosi Media Online Umkm Jamur Kebontunggul,” Pros. SNP2M (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian, 2020, [Online]. Available: http://snp2m.unim.ac.id/index.php/snp2m/article/view/427
https://news.detik.com/berita/d-6937194 /mengenal-gerakan-pkk-fungsi-tugas-program-dan-contoh-kegiatannya
Ilham, I., Frank, S. K. A., Flassy, M., Muttaqin, M. Z., Idris, U., & Yunita, D. I. (2021). Hjiir Mentuk: Potensi Kuliner Lokal Olahan Masyarakat Kampung Tobati Sebagai Daya Tarik Wisata Di Kota Jayapura. Jurnal Pariwisata Pesona, 6(2), 95-104.
Kementrian Dalam Negeri. 2020. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2020 Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 Tentang Gerakan Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2020 No 580. Jakarta
Sriati, S., Priyanto, G., Junaidi, Y., & Bidarti, A. (2023). Peningkatan Kapasitas Kelompok Usaha Bersama (KUBE) melalui Pelatihan Strategi Pengembangan Usaha dan Pemasaran. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2).
Utami, S. (2018). Kuliner Sebagai Identitas Budaya: Perspektif Komunikasi Lintas Budaya. Coverage: Journal Of Strategic Communication, 8(2), 36-44.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i1.10-16
Refbacks
- There are currently no refbacks.