PEMANFAATAN DIGITAL FRAMEWORK RACE DALAM PROMOSI MERAIH PANGSA PASAR DI KAMPUNG WISATA KULINER HAURPANCUH II

Zatin Niqotaini, Widayani Wahyuningtyas, Abdul Aziz

Abstract


Di era industri 4.0 perkembangan teknologi digital menjadi hal yang penting. Dari Berbagai sektor industri mengintegrasikan teknologi digital guna memajukan perkembangan bisnisnya. Digitalisasi memiliki potensi besar dalam meningkatkan kinerja dan produktivitas suatu bisnis. Tren digitalisasi bisnis di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang signifikan teerbukti dalam Perkembangan teknologi dan popularitas bisnis makanan dan minuman yang semakin pesat membuat lahirnya berbagai macam food startup di berbagai negara termasuk Indonesia Tujuan untuk meningkatkan promosi wisata Kampung Wisata Kuliner RW 4 Haurpancuh II adapun  Digital Marketing  dengan Framework RACE yang akan diwujudkan dalam aplikasi berbasis Website,manajemen pemasaran, manajemen keuangan,branding produk,penataan lokasi yang kekinian (instagramable) melalui pelatihan dan pendampingan kepada para pengelola dan pedagang. Kegiatan ini juga turut mendukung pencapaian SDG’S poin 2 terkait menghapus kemiskinan (no poverty) SDG’S poin 9 terkait Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi (decent work and economy growth). Dengan menggunakan metode yang dilaksanakan di Kampung Wisata Kuliner RW 4 Haurpancuh II  dengan jumlah 18 UMKM. Di mulai dengan melakukan  observasi, FGD, penyuluhan edukasi, pre test, post test, pelatihan, pembagian souvenir dan penutupan. Diperoleh hasil bahwa UMKM di Kampung Wisata Kuliner RW 4 Haurpancuh II menunjukkan peningkatan pengetahuan tentang Digital Marketing dengan Framework RACE meningkat namun tidak terlalu signifikan, hasil menujukan nilai rata-rata 69,41 pre test dan 73,68 post test.


Keywords


Food Startup, Digital Marketing, Framework RACE, Website, FGD

Full Text:

PDF

References


Aliami, S., Hakimah, E., & Fauji, D. (2018). Dampak Pengembangan Pemasaran Digital Pada. Dampak Pengembangan Pemasaran Digital Pada Startup’S, 3(1), 73–87.

Ardhanari, M., & Nugrohadi, G. E. (2022). Pendampingan Packaging Dan Branding Pada Umkm Produk Khas Olahan Hasil Laut Di Kelurahan Sukolilo Baru – Kenjeran, Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, 1(1), 18. https://doi.org/10.19184/jpma.v1i1.31415

García, J. J. L., Lizcano, D., Ramos, C. M. Q., & Matos, N. (2019). Digital marketing actions that achieve a better attraction and loyalty of users: An analytical study. Future Internet, 11(6), 1–16. https://doi.org/10.3390/fi11060130

Hidayah, S. N., Aditri, F., Ramadhani, R. A., & Wahyuningtyas, W. (2023). Strategi Pengembangan NutreEat Dalam Pemasaran. 29–38.

Maryam, I., & Widjajani, S. (2023). Pelatihan Branding dan Packaging Produk UMKM di Desa Ganggeng Kabupaten Purworejo. Jurnal Terapan Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.24269/jteb.v3i1.6757

Niqotaini, Z. (2023). Pelatihan Microsoft Office kepada Siswa SMKS Mandiri Bojonggede Bogor. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 4(2), 160–165. https://doi.org/10.26874/jakw.v4i2.320

Niqotaini, Z. (2024). MENINGKATKAN PROMOSI KAMPUNG WISATA KULINER RW 04 HAURPANCUH II MELALUI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(6), 2011–2016. https://doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2011-2016

Niqotaini, Z., Arifuddin, N. A., & Rosmawarni, N. (2023). PELATIHAN MICROSOFT OFFICE BAGI SISWA UNTUK MENINGKATKAN SOFTSKILLS DI SMKS MANDIRI BOJONGGEDE. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7, 2423–2429. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2423-2429

Niqotaini, Z., & Budiman, B. (2021). Analisis Penerimaan Google Classroom Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam) Dan End-User Computing Satisfaction (Eucs) (Studi Kasus Universitas Informatika Dan Bisnis Indonesia). Technologia: Jurnal Ilmiah, 12(4), 259. https://doi.org/10.31602/tji.v12i4.5636

Nugraha, E. F. S., Bahruddin, M., & Aziz, A. (2013). Perancangan Branding Kampoeng Batik Jetis. Desain Komunikasi Visual, 1, 30–37.

Nurzaman, F., Basry, A., Suwartane, I. G. A., Gustina, D., Yuliani, N., P, S. W., Dinariana, D., Teknik, F., Persada, U., Diponegoro, J., & Jakarta, N. (2024). PENINGKATAN UMKM KECAMATAN CIPAYUNG MELALUI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL. ABDI INSANI, 11(September).

Urika, U. (2023). Analisis Sektor Potensial Ekonomi Digital Di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Retail, 3(01), 36–50. https://doi.org/10.47080/jumerita.v3i01.2527

Wahyuningtyas, W., Gusti, K. W., Gabriel, E., & Aisyah, Y. L. (2022). Membangun Jiwa Kreatifitas Pelaku UMKM Di Desa Jatisura, Cikedung, Indramayu, Jawa Barat. Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 53–58. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2406




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.5158-5165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.