OPTIMALISASI PRODUKSI DAN PEMASARAN PRODUK UMKM PEYEK TERI, PEYEK KACANG KUNING, PEYEK KACANG TANAH DAN KERIPIK BAYAM (P3K) DI KELURAHAN DEMPO MAKMUR KOTA PAGAR ALAM

Sasmita Sasmita, Siti Aminah, Inka Rizki Padya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan strategi pemasaran dan produksi produk P3K, serta memberikan dampak positif terhadap penciptaan lapangan kerja dan pengembangan potensi ekonomi di Desa Margo Mulyo, UMKM Berkah Dempo, Kecamatan Pagar Alam Utara, dan Kota Pagar Alam. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melestarikan tradisi kuliner lokal. UMKM menghadapi sejumlah tantangan, termasuk kurangnya pengetahuan tentang produksi dan pemasaran yang efisien, kegagalan memanfaatkan alat pemasaran digital seperti media sosial, situs web, dan platform e-commerce, dan kemasan produk yang kurang menarik untuk P3K (keripik peyek, teri, kacang tanah, dan bayam), yang masih membutuhkan metode manual yang membutuhkan banyak tenaga kerja, seperti mendatangi warung-warung terdekat. Salah satu opsi yang potensial adalah mensosialisasikan pembuatan dan distribusi produk seperti Peyek Teri, Peyek Kacang Kuning, Peyek Kacang Tanah, dan Keripik Bayam (P3K). Saran modal yang diberikan adalah dengan menggunakan teknologi manajemen. 2) mendesain kemasan yang menarik untuk produk P3K; dan 3) membuat profil media sosial untuk pemasaran online di situs-situs seperti Facebook, Instagram, dan TikTok. Luaran dari kegiatan PKM ini adalah sebagai berikut: 1) Anggota UMKM Berkah Dempo menjadi lebih berpengetahuan; 2) Anggota UMKM menjadi lebih terampil; 3) Artikel ilmiah berstatus published di jurnal nasional yang diakui oleh Sinta 4; 4) Artikel berstatus published di media massa cetak maupun elektronik; dan 5) Video kegiatan yang dibagikan di media sosial. Tahapan pengabdian masyarakat dimulai dengan orientasi, dilanjutkan dengan pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan, penilaian, dan keberlanjutan program.


Keywords


Produk, P3K, UMKM, Berkah Dempo, Pagar Alam

Full Text:

PDF

References


Adawyah, Rabiatul et al. 2020. “Peningkatan Daya Saing Produk Rempeyek Ikan Teri Dan Rempeyek Udang ‘Denok’ Di Kelurahan Loktabat Utara.” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 1(1): 1–6. http://aquana.ulm.ac.id.

Hartono, Hartono, and Deny Dwi Hartomo. 2016. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Umkm Di Surakarta.” Jurnal Bisnis dan Manajemen 14(1): 15.

Kusnandar, Kusnandar et al. 2023. “Peningkatan Kualitas Produk UKM ‘Peyek Bunder’ Melalui Introduksi Teknologi Tepat Guna Spinner.” Jurnal Pengabdian UNDIKMA 4(1): 44.

Kusumawati, Rita, Taufik Akhbar, and Alien Akmalia. 2021. “Peningkatan Daya Saing Usaha Olahan Pangan (Peyek Kacang Dan Emping Melinjo).” Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(1): 199.

Wardoyo Putro, Prima Utama, and Liliek Nur Sulistiyowati. 2020. “Pelatihan Smart Packaging Pada Usaha Mikro Emping Jagung Di Kabupaten Magetan.” Jurnal Berdaya Mandiri 1(2): 193–201.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.5399-5406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.