SUSTAINABLE EDUCATIONAL TOURISM: PENGEMBANGAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS KARANGTARUNA A’BULO SIBATANG MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)
Abstract
Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris pemandu lokal di Desa Minasa Baji melalui penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI). Melalui pendekatan pelatihan berbasis Modul pembelajaran, aplikasi Duolingo dan ChatGPT, anggota Karang Taruna dilatih untuk berkomunikasi secara efektif dalam bahasa Inggris. Pelatihan ini terdiri dari tiga tahapan utama: persiapan, pelatihan, dan evaluasi, yang dirancang untuk mengasah keterampilan dasar mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan bahasa Inggris peserta, dengan 57% dari mereka berhasil meningkatkan kemampuan dasar setelah program berlangsung. Penggunaan Duolingo dan ChatGPT terbukti efektif dalam memperkaya kosakata dan melatih kemampuan percakapan. Kontribusi pengabdian ini terhadap pendidikan adalah pemanfaatan teknologi untuk memberdayakan komunitas lokal dalam menghadapi tantangan global melalui pengembangan pariwisata edukatif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Nathania S. ICT tools for listening and speaking skills in English teaching and learning: Advantages and challenges in digital globalization era. Available from: https://e-journal.upr.ac.id/index.php/jem
English. THE ROLE OF ENGLISH AS A GLOBAL LANGUAGE. www.rjoe.org.in An International Peer-Reviewed English Journal [Internet]. 2019 Mar 3;4(1):2456–696. Available from: www.rjoe.org.in
UNESCO. Global Literacy Report. 2024;
Program Penguatan Pembelajaran Bahasa Inggris. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Saiful. The Application of Communicative Approach in Improving the Students’ Speaking Ability. . Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 2014;Vol 2. No 3.(333-346.).
Saiful. PELATIHAN BAHASA INGGRIS BAGI PEDAYUNG PERAHU JOLLORO DI OBJEK WISATA RAMMANG-RAMMANG MAROS. Martabe Jurnal. 2021;4 Nomor 2:4–4.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.4986-4992
Refbacks
- There are currently no refbacks.