PENDAMPINGAN KESEHATAN MENTAL REMAJA DALAM UPAYA PENCEGAHAN KECEMASAN DAN PERILAKU KEKERASAN DI SEKOLAH

Dewi Nurhanifah, Dyta Setiawati Hariyoni, Herda Ariyani

Abstract


Mental health problem dapat muncul dari berbagai aspek, seperti emosi, perilaku, atensi, serta regulasi diri. Remaja mengalami peningkatan masalah emosional seperti cemas, depresi, dan marah, masalah perilaku, hiperaktif, dan masalah hubungan teman sebaya, dan tak jarang berhubungan dengan perilaku kekerasan. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang kesehatan jiwa remaja di SMAN 7 Banjarmasin. Metode pengabdian ini yaitu penyuluhan kesehatan pada remaja secara face to face dengan alat bantu leaflet. Kegiatan ini diawali dengan tahap pesiapan yaitu menggali informasi kebutuhan penyuluhan, penetapan materi dan peserta penyuluhan, dan penyiapan materi. Selanjutnya tahap pelaksanaan yaitu pengerjaan Pre Test, penyuluhan, dan post test. Tahap terakhir yaitu evaluasi yaitu evaluasi kegiatan dan pembuatan laporan.


Keywords


Remaja, Cemas, Kekerasan, Sehat, Mental

Full Text:

PDF

References


Agustini, A., 2014. Promosi kesehatan. Deepublish.

ALINI, A. and MEISYALLA, L.N., 2022. Gambaran Kesehatan Mental Remaja Smpn 2 Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Jurnal Ners, 6(1), pp.80-85.

Apipin, A., Mariyati, M. and Tamrin, T., 2022. Kekerasan dalam Berpacaran dengan Kecemasan pada Remaja. Jurnal Keperawatan, 14(4), pp.1137-1144.

Arifah, D.N., 2021. Hubungan Kekerasan Psikis dengan Kesehatan Mental pada Remaja Sekolah Menengah Pertama Selama Pandemi Covid-19 di Kecamatan Sungai Kunjang Samarinda.

Detik.Com. Siswa SMA Banjarmasin Tikam Teman Imbas Sering Di-bully, Ini Kata Federasi Guru Baca artikel detikedu, “Siswa SMA Banjarmasin Tikam Teman Imbas Sering Di- bully, Ini Kata Federasi Guru” https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6858657/siswa- sma-banjarmasin-tikam-teman-imbas-sering-di-bully-ini-kata-federasi-guru . 2023. diakses tanggal 29 April 2024, pukul 10.30 WITA

Devita, Y., 2020. Hubungan pola asuh orang tua dengan masalah mental emosional remaja. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), pp.503-513.

Diananda, A., 2019. Psikologi remaja dan permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), pp.116-133.

Fataruba, R., 2016, February. Peran tekanan teman sebaya terhadap perilaku bullying pada remaja di sekolah. In Seminar ASEAN Kedua Psychology dan Humanity, Psychology Forum UMM, (19-20 Februari 2016), hal (Vol. 356, pp. 355-359).

Fitri, A., Neherta, M. and Sasmita, H., 2019. Faktor–faktor yang memengaruhi masalah mental emosional remaja di sekolah menengah kejuruan (smk) swasta se kota padang panjang tahun 2018. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 2(2), pp.68-72.

John, W.S., 2002. Life-Span Developement (Perkembangan Masa Hidup). Edisi kelima, Jakarta, Erlangga.

Karisma N, Rofiah A, Afifah SN, Manik YM. Kesehatan Mental Remaja dan Tren Bunuh Diri: Peran Masyarakat Mengatasi Kasus Bullying di Indonesia. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 2023;3(03):560–7.

Keliat, B.A., 2020. Dukungan kesehatan jiwa dan psikososial= Mental health and psychosocial support: covid-19: keperawatan jiwa.

Kementerian Kesehatan RI Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Hasil Utama RISKESDAS 2018. Jakarta; 2018.

https://www.google.com/search?q=Kementerian+Kesehatan+RI+Badan+Penelitian+dan+Pengembangan+Kesehatan.+Hasil+Utama+RISKESDAS+2018.+Jakarta%3B+2018&oq=Kementerian+Kesehatan+RI+Badan+Penelitian+dan+Pengembangan+Kesehatan.+Hasil+Utama+RISKESDAS+2018.+Jakarta%3B+2018&gs_lcrp=EgZjaHJvbWUyBggAEEUYOdIBBzY1MWowajSoAgiwAgE&sourceid=chrome&ie=UTF-8. diakses tanggal 30 April 2024, pukuln11.30 WITA

KPAI. 2023. KPAI Mencatat Sejumlah 37 Anak Mengakhiri Hidup dari Bulan Januari- November2023. https://www.kpai.go.id/page/18?action=voting.view. diakses tanggal 29 April 2024, pukul 14.00 WITA

Mardhiah, U., Jumaini, J. and Karim, D., 2022. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Masalah Mental Emosional Remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan, 10(2), pp.29-43.

Mata Banua. Ada 678 Korban Kekerasan Anak dan Perempuan di 2023. 2024. https://matabanua.co.id/2024/01/04/ada-678-korban-kekerasan-anak-dan-perempuan- di-2023/ diakses tanggal 27 April 2024, pukul 12.15 WITA

Muliani, N. and Ginanjar, A.P., 2020. Bullying Meningkatkan Kecemasan Siswa Smk Muhammadiyah 1 Padang Ratu Lampung Tengah. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(2), pp.83- 87.

Nurhayati, G.E. and Lauren, V.Y., 2020. Tindakan Bullying dengan Tingkat Kecemasan pada Remaja. Sehat Masada, 14(2), pp.206-217.

Pahmi, S., Hopipah, R., Saputri, D.A., Dewi, T.P., Yulita, H. and Widowati, A., 2024. Studi Literatur Terhadap Kekerasan di Kalangan Remaja. Jurnal Basicedu, 8(1), pp.911-920.

Salau, T., Keo, G.D., Labre, B. and Fanggitasik, D.D., 2023. Pelatihan Asertif Bagi Remaja: Upaya Preventif Tindakan Kekerasan di Sekolah. Warta LPM, pp.453-461.

Sommer, M., Ness, O. and Borg, M., 2018. Helpful support to promote participation in school and work: Subjective experiences of people with mental health problems A literature review. Social work in mental health, 16(3), pp.346-366.

Stuart, G., 2016. Prinsip dan praktik keperawatan jiwa Stuart (terjemahan) Jilid 1 & 2.

Fitriani, S., 2011. Promosi kesehatan.

Unicef, 2021. Dampak COVID-19 terhadap rendahnya kesehatan mental anak-anak Dan pemuda hanyalah ‘punca gunun es’. Tersedia di: https://www. unicef. org/indonesia/id/press-releases/dampak-covid-19terhadap-rendahnya-kesehatan- mental-anak-anak-dan-pemuda-hanyalah.

Verra, O., 2024. Hubungan Kekerasan Dalam Pacaran dengan Kecemasan pada Remaja di SMK N 02 Padang (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

World Health Organization. For A safer, Healtier and Fairer World. Result Report. 2021. https://www.who.int/publications/i/item/9241545615. diakses tanggal 29 April 2024, pukul 14.30 WITA




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.5407-5412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.