MENINGKATKAN POTENSI UMKM KERUPUK MICIN MELALUI OPTIMALISASI PACKAGING DAN BRANDING DI DESA CAMPUREJO KABUPATEN BOJONEGORO
Abstract
UMKM kerupuk micin Bu Tutik sebenarnya menghadapi banyak permasalahan, termasuk rendahnya pemanfaatan inovasi maju. Serta belum adanya informasi dalam penggunaan packaging dan branding mengenalkan barang ke pelanggan. Pelaku UMKM kerupuk micin Bu Tutik masih fokus pada penukaran barang namun belum melakukan packaging dan branding dengan baik. Ketidaksadaran dan ketiadaan informasi, citra diri yang berlebihan dan rasa takut serta kedekatan pelaku terhadap pemikiran-pemikiran inovatif dan perasaan langsung senang dengan pendekatan pertukaran yang telah selesai. Sebagai dosen, membantu memberikan solusi dengan melibatkan mahasiswa dalam pengabdian kepada masyarakat meliputi pengarahan dan pelatihan strategi branding produk UMKM kerupuk micin Bu Tutik guna mendukung stabilitas usaha dan memperluas jangkauan pasar. Metode pengabdian dilakukan secara langsung dilokasi UMKM kerupuk micin Bu Tutik di Desa Campurejo Kabupaten Bojonegoro.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amri, A. (2020). Pengaruh Periklanan Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Indonesia di Masa PAndemi. Jurnal Brand, 2(1), 123–130. https://www.academia.edu/42672824/Dampak_Covid-19_Terhadap_UMKM_di_Indonesia
Anggapratama, R., & Irnawati, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Indomaret Cabang Raya Lettu Suyitno Bojonegoro. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 9(2), 341–350. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v9i2.1811
Anggapratama, R., Irnawati, D., Ivoka Junea, A., & Shalzabilla Meta Firanka, S. (2023). Keputusan Pembelian Pocari Sweat Isotonik Dipengaruhi Oleh Kesadaran Merek Serta Persepsi Kualitas. Value : Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 18(3), 775–788. https://doi.org/10.32534/jv.v18i3.4683
Anggapratama, R., Irnawati, D., Selviana, S., Fadila, E. N., & Niswah, S. (2024). Community Service in Strenghthening the Branding of Gadung Chips MSME Actors in Dander Bojonegoro District Niswah. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 164–170. https://journal.umtas.ac.id/index.php/ABDIMAS/article/view/4158
Anugrah, R., Perwirianto, H. W., Zulfania, M., Ratih, D., Aprilianda, E. N., Haryawan, S. H., Rachmawan Putra, M. A., Wardana, B. S., Cahya, R. A., Ramadhan, R. T., & Arum, D. P. (2022). Penerapan Branding Produk Dan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 740–746. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4702
Ariyani, D., Riono, S. B., & Sucipto, H. (2022). Pelatihan Branding Equity untuk Membangun Brand Image pada Pelaku UMKM di Desa Ciawi dalam Meningkatkan Daya Jual. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(3), 100–106. https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i3.493
Dewi, S. R., Sriyono, S., & Sumartik, S. (2021). Pendampingan dan Penguatan UMKM Desa Kenongo Melalui Branding dan Legalitas Produk Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(1), 95–101. https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i1.5267
Hakim, A. R., & Mulyadi, T. M. L. R. (2020). Digital Branding Dan Desain Optimalisasi Peningkatan Penjualan Produk Umkm Makanan Tradisional Di Kabupaten Sukoharjo. KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 2(2), 125–130. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i2.1068
Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.47431/governabilitas.v2i2.117
Irfandanny, D., Kusuma, B. T., Sari, A. K., Ridha, F. A., Reksiana, C. P. E., Zain, M. Z., Ferdiansyah, M. R., Prasetyo, L. F. D., Marghanita, C. L., Salsabilla, M. A., Aditama, D. N., & Wahyudi, K. E. (2022). Optimalisasi Desa Wisata Berbasis Umkm Melalui Lokal Branding Desa Sumbermujur Kab. Lumajang. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1084–1090. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5350
Irnawati, D., & Anggapratama, R. (2023). Biopest Product Franchise Business Assistance in The Creative Economy of Farmer Groups , Ponggok District , Blitar Regency. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 3975–3980. https://journal.umtas.ac.id/index.php/ABDIMAS/article/view/3357/1591
Irnawati, D., Anggapratama, R., Prasetya, G. E., Ariffudin, I., & Kadhafie, K. J. Al. (2024). PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING USAHA SOSIS PAK WI DESA NGULANAN KECAMATAN DANDER BOJONEGORO. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(4), 1283–1288. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/15476/pdf
Jannatin, R., Wahyu, M., Wardhana, Rudi, Haryanto, Agus, Pebri, & Yanto. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact : Implementation and Action, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386
Machfuzhoh, A., . L.-, & Widyaningsih, I. U. (2020). Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Umkm Menuju Umkm Naik Kelas Di Kecamatan Grogol. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat (JANAYU), 1(2), 109–116. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i2.12143
Maryam, S., Tariska, S., Yusufa, E. D., Ratnasari, D., & R, D. F. (2023). PELATIHAN DIGITAL MARKETING : MEWUJUDKAN MASYARAKAT INDUSTRI YANG MAMPU MEMANFAATKAN DIGITAL SEBAGAI NEW LANDS MARKET DALAM MEMPERLUAS PEMASARAN GITAR DESA MANCASAN. SIDOLUHUR JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 03(01), 247–255. https://journal.uniba.ac.id/index.php/PRM/article/view/913/559
Perwitasari, D. A. (2021). Branding Produk Label Kamasan Sebagai Upaya Pengembangan Daya Tarik Pemasaran pada UMKM Rengginang di Kelurahan Pakistaji Wonoasih Kota Probolinggo. Jurnal Abdi Panca Mara, 2(1), 34–38. https://doi.org/10.51747/abdipancamara.v2i1.741
Putri, A. D., Permatasari, B., & Suwarni, E. (2023). Strategi Desain Kemasan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Produk Umkm Kelurahan Labuhan Dalam Bandarlampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 119–123.
Rezky, S. F., Hamdani, R., Suherdi, D., Erwansyah, K., Ginting, E. F., & Simangunsong, P. B. N. (2021). Branding UMKM untuk Meningkatkan Potensi Promosi dan Penjualan Secara Mandiri. Abdimas Iptek, 1(1), 39–44. https://doi.org/10.53513/abdi.v1i1.3381
Saifulloh, M. (2021). Branding Product Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Kuningan Barat Jakarta Selatan Muhammad Saifulloh. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 28–33. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/dianmas
Shyafira, M. A., Adila, T., Angelina, M., Nugraha, E. S., Samudra, D. T., & Billah, M. (2023). Strategi Peningkatan Branding Usaha MikroKecilDan Menengah Desa Pulosari Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat. Jurnal Pengabdian dan Kemitraan Masyarakat (ALKHIDMAH), 1(3), 45–54. https://ejurnalqarnain.stisnq.ac.id/index.php/ALKHIDMAH/article/view/400/404
Sopyan, D. A., Afiya, R. N., Hanifah, S. S., Sagita, S. A., & Zulfani, S. (2022). Strategi branding (merek) sebagai upaya pengembangan produk kreatif usaha mikro kecil menengah (umkm) cemilan kampoeng baja di rw 11 kelurahan cisarua kecamatan cikole kota sukabumi jawa barat. Jurnal Perhotelan dan Pariwisata, 1(1), 42–50. http://jurnal.politeknikpajajaran.ac.id/index.php/telpar/article/view/73/54
Swissia, P., & Halimah. (2023). OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN BRANDING PADA UMKM TEMPE MBAH MUL DI DESA PURWOTANI. J - Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 5949–5956. https://doi.org/10.31862/9785426311961
Syahputra, R. A., Putri, C. W. A., Maliza, N. O., & Rachmatika, L. (2023). Peningkatan Kemampuan Branding UMKM Melalui Proses Digitalisasi Bisnis. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(1), 521–527. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/871
Syahriani, N., Siregar, A. J., & Nasution, W. (2023). Analisis Peran Bank Indonesia Dalam Pengembangan Umkm Di Kancah Internasional. JURNAL MANAJEMEN AKUNTANSI (JUMSI), 3(1), 13–19. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/article/view/3688/2866
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i10.3916-3923
Refbacks
- There are currently no refbacks.