OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PEDAGOGI MAHASISWA PPG SENI BUDAYA MELALUI LMS INOVATIF TERINTEGRASI DENGAN PROYEK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH MITRA
Abstract
Upaya untuk mengoptimalkan pembelajaran pedagogi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Seni Budaya dilakukan melalui pengembangan konten Learning Management System (LMS) yang inovatif dan terintegrasi dengan proyek penguatan profil pelajar Pancasila di sekolah mitra. Dengan pendekatan ini, diharapkan terjadi peningkatan pemahaman dan apresiasi mahasiswa terhadap seni budaya, serta terbangunnya karakter yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Metode yang digunakan melibatkan desain LMS yang interaktif, pelatihan guru, dan implementasi proyek di sekolah mitra. Hasil dari upaya ini menunjukkan adanya peningkatan keterlibatan mahasiswa dan efektivitas pembelajaran yang signifikan, serta penguatan nilai-nilai Pancasila. Implementasi LMS yang inovatif ini memberikan dampak positif dalam pembelajaran seni budaya dan pengembangan karakter mahasiswa PPG, yang tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan seni budaya tetapi juga memperkuat landasan karakter yang berorientasi pada nilai-nilai luhur Pancasila.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amirillah, C. D. R., Andriyana, S., & Benrahman, B. (2020). Perancangan Aplikasi Document Management System Berbasis Web Universitas Nasional Dengan Metode Waterfall. String (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi). https://doi.org/10.30998/string.v5i1.6353
Astuti, W., Friansyah, D., & Salman, E. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Adaptif bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Lubuklinggau. Silampari Journal Sport, 1(2), 77–99. http://www.jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/SJS/article/view/149
Dafit, A. Z. (2023). Strategi Pembelajaran Adaptif dalam Matematika untuk Mengatasi Diversitas Siswa pada Era Pembelajaran Daring. Jurnal Dunia Ilmu, 3(6). http://duniailmu.org/index.php/repo/article/view/227
Duta, D. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Di Slb Kota Bandar Lampung Pada Masa Pandemi COVID-19. JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education, 2(1), 37–52. http://www.ojs3.stkippamanetalino.ac.id/index.php/JOSEPHA/article/view/127
Iriaji, I., Taufani, A. R., Prasetyo, A. R., Aruna, A., & Surya, E. P. (2024). Pagelaran Pottery Village: Culture-Education Resin-Concrete Souvenir in Industrial Tourism. KnE Social Sciences, 9(15), 84–90. https://doi.org/https://doi.org/10.18502/kss.v9i15.16192
Irnawati, O., & Darwati, I. (2020). Penerapan Model Waterfall Dalam Analisis Perancangan Sistem Informasi Inventarisasi Berbasis Web. Jurteksi (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi). https://doi.org/10.33330/jurteksi.v6i2.406
Kurniawan, D. W., & Irsyadi, F. Y. A. (2021). Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Manajemen Peminjaman Kendaraan Berbasis Web Dengan Framework Codeigniter. Emitor Jurnal Teknik Elektro. https://doi.org/10.23917/emitor.v21i1.12108
Mailasari, M. (2019). Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer). https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i2.657
Prasetyo, A. R., Husain, A. H., Iriaji, I., Ratnawati, I., Sari, N. M., Roziqin, M. F. A., Surya, E. P., & Aruna, A. (2023). Uji komprehensif media pembelajaran virtual reality lukis melalui black box testing, system usability scale, dan user experience questionnaire. Sendikan, Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 283–300. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=RV3EkDYAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=RV3EkDYAAAAJ:iH-uZ7U-co4C
Prasetyo, A. R., Iriaji, I., Taufani, A. R., Aruna, A., & Surya, E. P. (2024). MOOC for Pagelaran Pottery Village: Boosting Income through Design Educational Tourism. KnE Social Sciences, 9(15), 91–97. https://doi.org/https://doi.org/10.18502/kss.v9i15.16195
Rachmayanti, E. (2022). Penerapan Pembelajaran Adaptif Mengenai Konten Pendidikan Seksual: Studi Fenomenologi. Jurnal Basicedu, 6(2), 2430–2445. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2392
Rafikayati, A. (2022). Pelatihan Layanan Pembelajaran Adaptif Pada Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan Inklusi. Kanigara, 2(1), 66–71. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/kanigara/article/view/4906
Ratnawati, I., Prasetyo, A. R., Iriaji, I., Aruna, A., & Surya, E. P. (2024). Interactive Batik & HR Incubation for Art-Technopreneurship: Mantraman Village Pilot Project. KnE Social Sciences, 9(15), 76–83. https://doi.org/https://doi.org/10.18502/kss.v9i15.16191
Romadhon, I. F., Roziqin, M. F. A., Surya, E. P., Aruna, A., & Iriaji, I. (2023). Penerapan AR Berbasis Audio Visual Interaktif Karya Kaligrafi untuk Meningkatkan Kemampuan dan Kreatifitas SDM MA Ibadurrochman. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/https://doi.org/10.61142/psnpm.v1.77
Setiawan, A. R. (2020). Motivasi dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Adaptif Fisika menggunakan Naḍom Mabādī ’Asyroh. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 5(2), 132–146. https://ejournal.upi.edu/index.php/WapFi/article/view/14566
Sukriadi, S., & Arif, M. (2020). Survei Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Di SLB C Provinsi Dki Jakarta Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 4(1), 1–7. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsce/article/view/14552
Sukriadi, S., & Arif, M. (2021). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Berbasis Permainan Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 5(1), 12–24. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsce/article/view/19543
Syafrial, S., & Nopiyanto, Y. E. (2023). Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Siswa Tunarungu. Jambura Journal of Sports Coaching, 5(1), 62–71. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjsc/article/view/17819
Warman, F. P. A., Edward, R., & Tama, B. J. (2021). Perancangan Sistem Aplikasi Data Spareparts ATM PT Swadharma Sarana Informatika Berbasis Java. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (Jrami). https://doi.org/10.30998/jrami.v2i02.788
Wicaksana, P. Y., & Haryono, K. (2020). Sistem Pembelajaran Adaptif Untuk Siswa SMA. AUTOMATA, 1(1), 1–5. https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/13893
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i8.3108-3124
Refbacks
- There are currently no refbacks.