OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PEDAGOGI MAHASISWA PPG SENI BUDAYA MELALUI LMS INOVATIF TERINTEGRASI DENGAN PROYEK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH MITRA

Abdul Rahman Prasetyo, Fikri Aulia, Fuad Indra Kusuma, Eka Putri Surya, Nila Rahmawati, Alby Aruna, Adinda Marcelliantika

Abstract


Upaya untuk mengoptimalkan pembelajaran pedagogi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Seni Budaya dilakukan melalui pengembangan konten Learning Management System (LMS) yang inovatif dan terintegrasi dengan proyek penguatan profil pelajar Pancasila di sekolah mitra. Dengan pendekatan ini, diharapkan terjadi peningkatan pemahaman dan apresiasi mahasiswa terhadap seni budaya, serta terbangunnya karakter yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Metode yang digunakan melibatkan desain LMS yang interaktif, pelatihan guru, dan implementasi proyek di sekolah mitra. Hasil dari upaya ini menunjukkan adanya peningkatan keterlibatan mahasiswa dan efektivitas pembelajaran yang signifikan, serta penguatan nilai-nilai Pancasila. Implementasi LMS yang inovatif ini memberikan dampak positif dalam pembelajaran seni budaya dan pengembangan karakter mahasiswa PPG, yang tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan seni budaya tetapi juga memperkuat landasan karakter yang berorientasi pada nilai-nilai luhur Pancasila.


Keywords


PPG Seni Budaya; LMS Inovatif; Pembelajaran Pedagogi

Full Text:

PDF

References


Amirillah, C. D. R., Andriyana, S., & Benrahman, B. (2020). Perancangan Aplikasi Document Management System Berbasis Web Universitas Nasional Dengan Metode Waterfall. String (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi). https://doi.org/10.30998/string.v5i1.6353

Astuti, W., Friansyah, D., & Salman, E. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Adaptif bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Lubuklinggau. Silampari Journal Sport, 1(2), 77–99. http://www.jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/SJS/article/view/149

Dafit, A. Z. (2023). Strategi Pembelajaran Adaptif dalam Matematika untuk Mengatasi Diversitas Siswa pada Era Pembelajaran Daring. Jurnal Dunia Ilmu, 3(6). http://duniailmu.org/index.php/repo/article/view/227

Duta, D. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Di Slb Kota Bandar Lampung Pada Masa Pandemi COVID-19. JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education, 2(1), 37–52. http://www.ojs3.stkippamanetalino.ac.id/index.php/JOSEPHA/article/view/127

Iriaji, I., Taufani, A. R., Prasetyo, A. R., Aruna, A., & Surya, E. P. (2024). Pagelaran Pottery Village: Culture-Education Resin-Concrete Souvenir in Industrial Tourism. KnE Social Sciences, 9(15), 84–90. https://doi.org/https://doi.org/10.18502/kss.v9i15.16192

Irnawati, O., & Darwati, I. (2020). Penerapan Model Waterfall Dalam Analisis Perancangan Sistem Informasi Inventarisasi Berbasis Web. Jurteksi (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi). https://doi.org/10.33330/jurteksi.v6i2.406

Kurniawan, D. W., & Irsyadi, F. Y. A. (2021). Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Manajemen Peminjaman Kendaraan Berbasis Web Dengan Framework Codeigniter. Emitor Jurnal Teknik Elektro. https://doi.org/10.23917/emitor.v21i1.12108

Mailasari, M. (2019). Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer). https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i2.657

Prasetyo, A. R., Husain, A. H., Iriaji, I., Ratnawati, I., Sari, N. M., Roziqin, M. F. A., Surya, E. P., & Aruna, A. (2023). Uji komprehensif media pembelajaran virtual reality lukis melalui black box testing, system usability scale, dan user experience questionnaire. Sendikan, Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 283–300. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=RV3EkDYAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=RV3EkDYAAAAJ:iH-uZ7U-co4C

Prasetyo, A. R., Iriaji, I., Taufani, A. R., Aruna, A., & Surya, E. P. (2024). MOOC for Pagelaran Pottery Village: Boosting Income through Design Educational Tourism. KnE Social Sciences, 9(15), 91–97. https://doi.org/https://doi.org/10.18502/kss.v9i15.16195

Rachmayanti, E. (2022). Penerapan Pembelajaran Adaptif Mengenai Konten Pendidikan Seksual: Studi Fenomenologi. Jurnal Basicedu, 6(2), 2430–2445. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2392

Rafikayati, A. (2022). Pelatihan Layanan Pembelajaran Adaptif Pada Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan Inklusi. Kanigara, 2(1), 66–71. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/kanigara/article/view/4906

Ratnawati, I., Prasetyo, A. R., Iriaji, I., Aruna, A., & Surya, E. P. (2024). Interactive Batik & HR Incubation for Art-Technopreneurship: Mantraman Village Pilot Project. KnE Social Sciences, 9(15), 76–83. https://doi.org/https://doi.org/10.18502/kss.v9i15.16191

Romadhon, I. F., Roziqin, M. F. A., Surya, E. P., Aruna, A., & Iriaji, I. (2023). Penerapan AR Berbasis Audio Visual Interaktif Karya Kaligrafi untuk Meningkatkan Kemampuan dan Kreatifitas SDM MA Ibadurrochman. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/https://doi.org/10.61142/psnpm.v1.77

Setiawan, A. R. (2020). Motivasi dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Adaptif Fisika menggunakan Naḍom Mabādī ’Asyroh. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 5(2), 132–146. https://ejournal.upi.edu/index.php/WapFi/article/view/14566

Sukriadi, S., & Arif, M. (2020). Survei Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Di SLB C Provinsi Dki Jakarta Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 4(1), 1–7. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsce/article/view/14552

Sukriadi, S., & Arif, M. (2021). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Berbasis Permainan Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 5(1), 12–24. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsce/article/view/19543

Syafrial, S., & Nopiyanto, Y. E. (2023). Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Siswa Tunarungu. Jambura Journal of Sports Coaching, 5(1), 62–71. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjsc/article/view/17819

Warman, F. P. A., Edward, R., & Tama, B. J. (2021). Perancangan Sistem Aplikasi Data Spareparts ATM PT Swadharma Sarana Informatika Berbasis Java. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (Jrami). https://doi.org/10.30998/jrami.v2i02.788

Wicaksana, P. Y., & Haryono, K. (2020). Sistem Pembelajaran Adaptif Untuk Siswa SMA. AUTOMATA, 1(1), 1–5. https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/13893




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i8.3108-3124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.