PELATIHAN PEMBUATAN KOMIK STRIP BAGI GURU: USAHA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SDN 1 SUMBERARGO

Nine Febrie Novitasari

Abstract


Komunikasi dan interaksi yang baik antara guru dan siswa adalah salah satu penentu keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Dari hasil pengamatan pendahuluan yang telah dilakukan, guru di SDN 1 Sumberargo mengalami kesulitan dalam membuat siswa aktif dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan guru. Siswa cenderung pasif dalam berkomunikasi karena beberapa alasan, seperti siswa yang tidak terbiasa dalam bahasa Indonesia, dan terbatasnya media pengajaran yang dapat mendorong minat siswa untuk berkomunikasi. Sekolah ini terletak di daerah terpencil yang membuatnya hampir mustahil untuk mengakses fasilitas umum. Pada dasarnya, media pengajaran tidak perlu modern dan canggih. Yang terpenting tentang media pembelajaran adalah kegunaannya dalam memfasilitasi siswa untuk belajar. Dalam hal ini, komik strip adalah media yang tepat untuk digunakan untuk memotivasi siswa untuk belajar berkomunikasi secara lisan atau tertulis. Ini karena komik memiliki elemen visual yang dapat menarik minat siswa. Media pengajaran sederhana seperti komik yang dibuat oleh guru dapat memotivasi siswa untuk belajar berkomunikasi. Guru tidak perlu membeli komik untuk dapat menggunakan media pengajaran ini di kelas, terutama mengingat lokasi sekolah yang jauh dari fasilitas umum. Para guru dapat membuat komik mereka sendiri untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Tapi tentu saja ini membutuhkan keterampilan guru dalam menggambar komik. Oleh karena itu, pelatihan pengembangan komik dibuat sebagai solusi untuk membekali guru di SDN 1 Sumberargo. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menyediakan media pengajaran alternatif bagi para guru. Melalui pelatihan ini, diharapkan para siswa akan termotivasi untuk mulai belajar berkomunikasi dan berinteraksi dengan guru sehingga kualitas pendidikan di sekolah akan meningkat.

 


Keywords


guru, komik strip, komunikasi, SDN 1 Sumberargo, pelatihan

Full Text:

PDF

References


Aditya, M. A. M. (2016) ‘Pengembangan media komik untuk pembelajaran teks deskripsi berdasarkan kurikulum 2013 di kelas VII SMP Pangudi Luhur 1 Klaten tahun pembelajaran 2015/2016’. Sanata Dharma University. Available at: https://repository.usd.ac.id/4676/2/101224064_full.pdf.

Eisner, W. (1985) ‘Comics & Sequential Art.pdf’, Tamarac (Florida), p. 164. Available at: https://books.google.com/books?id=b3rxmP4Lzj0C&pgis=1%5Cnhttp://thepiratebay.se/torrent/4617697/Will_Eisner_Theory_of_Comics_Sequential_Art.pdf.

Honarvar, H. and Rahimi, A. (2011) ‘Surveying techniques for cultural problems of children comic strips translation’, Procedia - Social and Behavioral Sciences. Elsevier B.V., 28, pp. 1076–1078. doi: 10.1016/j.sbspro.2011.11.194.

Humola, Y. and Talib, R. (2015) ‘Enhancing The Students Writing Ability by Using Comic Strip: An action research conducted at the tenth grade of SMA Negeri I Tapa’, in ICTTE FKIP UNS 2015, pp. 614–623.

Khalid, H., Meerah, T. S., & Halim, L. (2010). Teachers’ perception towards usage of Cartoon in teaching and learning physics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 7(2), 538–545. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.10.072

Klau, Renyfa Okfiani. (2015) using comic strips to improve the speaking skills of Grade VIIstudents of SMPNn 15 Yogyakarta in the Academic year of 2013/ 2014. State University of Yogyakarta. Available at: http://eprints.uny.ac.id/25531/1/Renyta%20Okfiani%20Klau_Thesis%20complete.pdf

Lazarinis, F. et al. (2015) ‘E-comics in teaching: Evaluating and using comic strip creator tools for educational purposes’, 10th International Conference on Computer Science and Education, ICCSE 2015, (July), pp. 305–309. doi: 10.1109/ICCSE.2015.7250261.

McCloud, S. (1994) ‘Understanding comics by Scott McCloud | LibraryThing’. Available at: http://www.librarything.com/work/6084&book=15607697.

Nafis, Z. F. N. and Sapir (2016) ‘Pengembangan media pembelajaran komik audio visual bagi pembelajaran Ekonomi materi kurs valuta asing di SMA Negeri 8 Malang’, JPE, 9(2), pp. 156–164.

Şengül, S. and Dereli, M. (2010) ‘Does instruction of “Integers” subject with cartoons effect students’ mathematics anxiety?’, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), pp. 2176–2180. doi: 10.1016/j.sbspro.2010.03.302.

Widiseta, D. (2016) ‘The Effectiveness of Using Comic Strips in Improving the Students ’ Writing Descriptive Text. State University of Yogyakarta. Available at: http://eprints.uny.ac.id/25700/1/Damar Widiseta 07202244050.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i1.258-267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.