PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DAN CANVA PADA PEMBUATAN RENCANA SERTA MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU

Renny Puspita Sari, Ibnur Rusi, Ferdy Febriyanto, Ilhamsyah Ilhamsyah, Dian Prawira, Nurul Mutiah, Syahru Rahmayuda

Abstract


Dalam era digital saat ini, pendidikan menjadi semakin penting untuk mempersiapkan generasi muda yang siap menghadapi tantangan global. Pada sistem pendidikan nasional, guru merupakan tenaga profesional yang bergerak untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu cara untuk meningkatkan pembelajaran adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang kreatif serta interaktif dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang inovatif. Permasalahan yang dihadapi guru-guru  SMP Negeri 2 Ngabang sering kali menghadapi keterbatasan waktu dan sumber daya karena harus menyusun materi pembelajaran, mempersiapkan kelas, dan melakukan evaluasi siswa. Selain itu guru sering kali tidak memiliki keterampilan teknis yang diperlukan untuk menggunakan alat dan platform digital yang tersedia untuk merancang media dan rencana pembelajaran. maka untuk dapat menyelesaikan kendala yang dihadapi para guru dalam pemanfaatan media pembelajaran dan pembuatan materi pembelajaran, tim PKM Jurusan Sistem Informasi akan memberi solusi terhadap kendala tersebut melalui kegiatan Pelatihan Pembuatan media Pembelajarandan rencaan Pelaksanaan pembelajaran melalui pemanfaatan Canva dan Artificial Intelligence (AI).  Dengan menggabungkan kemampuan desain Canva dengan kemampuan AI, diharapkan dapat menciptakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan media pembelajaran yang tidak hanya menarik secara visual tetapi juga interaktif dan adaptif. Berdasarkan hasil akhir total penilaian dari evaluasi kegiatan yang dilakukan pada pelaksanaan pelatihan Pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan platform Canva dalam pembuatan media pembelajaran, menunjukkan hasil peningkatan pengetahuan serta pemahaman guru-guru peserta pelatihan meningkat dari 36,2% menjadi 93,7%.

 

 


Keywords


Media Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Canva, Artificial Intelligence

Full Text:

PDF

References


Arifah Novia Arifin, Ismail, Firdaus Daud, & Asmawati Azis. (2021). Pelatihan Aplikasi Canva Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Technological Knowledge Guru Sekolah Menengah di Kabupaten Gowa. Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2021, 468–472.

Fadilah Bakri, N., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., Susilowaty, R. A., Farmasi, J., Matematika, F., Ilmu, D., Alam, P., Cenderawasih, U., Kamp Walker, J., & Kode Pos, J. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN MATERI PRESENTASI DAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA KEPADA GURU DI KOTA MEDAN DAN JAYAPURA SECARA ONLINE. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(1).

Fauzi, A., Menggunakan, P., Dalam, C., Desain, M., Bagi, P., Kalurahan, P., Surakarta, B., Galih, ), Nurohim, S., Heribertus, ), Setyadi, A., Nugroho, W., & Kunci, K. (2023). INFORMASI ARTIKEL ABSTRAK. 4, 3936–3944. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i4

Hidayah, R. T., Iskamto, D., & Putri, R. K. (2023). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Dengan Canva dan Kahoot! Pada MTs Qirotussab’ah Kudang Kabupaten Garut. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 2(2), 83–88. https://doi.org/10.54099/jpma.v2i2.609

Ibnur Rusi, Ilhamsyah, Puspita Sari, R., Prawira, D., Mutiah, N., Febriyanto, F., & Rahmayuda, S. (2023). Increasing Student Knowledge and Skills in Utilizing Google Apps. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i1.12351

Mulyawati, I., Arini, N. W., & Polina, L. (2022). PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA DAN PADLET BAGI GURU SD DI SDN PULOGEBANG 09 PAGI. 6(1). www.canva.com.

Nur Isnaini, K., Sulistiyani, D. F., Ramadhany, Z., & Putri, K. (2021). PELATIHAN DESAIN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA. 5(1).

Nurfitriyanti, M., Patimah Nursa’adah, F., Masruroh, A., Program, ), Fakultas, M., Dan Ilmu, M., & Alam, P. (2022). SOSIALISASI PENGGUNAAN CANVA DALAM PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN. Communnity Development Journal, 3(3), 1432–1437.

Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). The Data tes awal dan tes akhir. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171–180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340

Nurul Ichsan, Salman Alfarisi, & Royadi. (2024). Pelatihan Artificial Intelligence untuk Inovasi, Kreativitas, dan Keberlanjutan di Industri Kreatif bagi Santri Yayasan Raudhah Syarifah. Prawara Jurnal AbdiMas, 3(2), 36–42.

Puspitasari, M. A., Mada, Y. H., Hasibuan, E., Yustina, S., & Aurawidhar, N. C. (2023). Pelatihan Canva sebagai Media Pembuatan Desain Materi Presentasi pada Siswa SMP Karitas Ngaglik (Vol. 2, Issue 2).

Rusi, I., Sari, P., Prawira, D., Mutiah, N., Rahmayuda, S., & Febriyanto, F. (n.d.). PELATIHAN PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DALAM PENGELOLAAN ASET PADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA SINGKAWANG. https://doi.org/10.31604/jpm.v4i3.1025-1034

Tiawan, Musawarman, Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). PELATIHAN DESAIN GRAFIS MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA TINGKAT SMK DI SMKN 1 GUNUNG PUTRI BOGOR. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 476–480. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.417

Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Zainuddin, M. S., & Awaluddin, A. (2022). Pelatihan Pembuatan Google Form dan Canva sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa Olahraga. Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat (JPOM), 3(1), 32–38. https://doi.org/10.26877/jpom.v3i1.11912




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2351-2360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.