PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MADRASAH DI PULAU MOROTAI MELALUI PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH

Kamarun M Sebe, Adiyana Adam, Chaerunnisa Humairah Djasman, Sahjad M Aksan, Minggusta Juliadarma

Abstract


Tujuan dari Pengabdian ini adalah  agar kompetensi guru madrasah di Pulau Morotaidapat ditingkatkan , khususnya di MTsN 1 Morotai, dalam penulisan karya ilmiah melalui pelatihan. Metode yang digunakan adalah Participatory Training dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil Kegiatan pengabdian  dapat menggambarkan bahwa kegiatan tersebut membantu guru menjadi lebih baik dalam menulis karya ilmiah.. Sebanyak 90% peserta menyatakan puas dengan pelaksanaan pelatihan, dan 85% merasa lebih percaya diri untuk menulis karya ilmiah. Kendala utama yang dihadapi adalah variasi tingkat pemahaman awal peserta. Kesimpulannya, pelatihan penulisan karya ilmiah efektif dalam meningkatkan kompetensi guru madrasah di Pulau Morotai.


Keywords


kompetensi guru, madrasah, penulisan karya ilmiah, Pulau Morotai

Full Text:

PDF

References


Adam, A., Sebe, K. M., & Muhammad, I. (2024). Jurnal Pendidikan : Kajian dan Implementasi PERBEDAAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DENGAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MAN 1 KOTA TERNATE Jurnal Pendidikan : Kajian dan Implementasi. 6(2), 178–189.

Adiyana Adam.Rusna gani. (2023). PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU MADRASAH TSANAWIYAH (REFLEKSI STUDI DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 TERNATE). In A (Ed.), Buku (1st ed., Issue 1). CV WIDINA MEDIA UTAMA.

Aziz, A. (2020). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi pada guru madrasah: Studi kasus di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 45-62.

Choi, E., Gaines, R. E., Park, J. H., Williams, K. M., Schallert, D. L., Yu, L. T., & Lee, J. (2020). Small group, big impact: Collaboratively enhancing teaching practice in higher education. Learning Environments Research, 23(2), 163-180.

Darling-Hammond, L., Hyler, M. E., & Gardner, M. (2017). Effective teacher professional development. Learning Policy Institute.

Dardjowidjojo, S. (2018). Strategi efektif pelatihan penulisan karya ilmiah untuk guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 24(3), 299-314.

Guskey, T. R., & Yoon, K. S. (2009). What works in professional development? Phi delta kappan, 90(7), 495-500.

Kementerian Agama Kabupaten Pulau Morotai. (2023). Laporan tahunan pendidikan madrasah Kabupaten Pulau Morotai tahun 2022. Morotai: Kemenag Kab. Pulau Morotai.

Kementerian Agama RI. (2023). Statistik pendidikan Islam tahun 2022. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Knowles, M. S., Holton III, E. F., & Swanson, R. A. (2015). The adult learner: The definitive classic in adult education and human resource development. Routledge.

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan profesionalisme guru melalui penulisan karya tulis ilmiah bagi guru profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 97-114.

Parsons, S. A., Hutchison, A. C., Hall, L. A., Parsons, A. W., Ives, S. T., & Leggett, A. B. (2019). US teachers' perceptions of online professional development. Teaching and Teacher Education, 82, 33-42.

Supriyadi, D. (2015). Menulis karya ilmiah: Kiat menjadi guru profesional. Bandung: Alfabeta.

Suyanto. (2017). Membangun budaya akademik di sekolah: Tantangan dan strategi. Yogyakarta: Kanisius.

Suyanto, S. (2017). A reflection on the implementation of a new curriculum in Indonesia: A crucial problem on school readiness. AIP Conference Proceedings, 1868(1), 100008.

Tilaar, H.A.R. (2016). Paradigma baru pendidikan nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Tomlinson, C. A. (2014). The differentiated classroom: Responding to the needs of all learners. ASCD.

Vangrieken, K., Meredith, C., Packer, T., & Kyndt, E. (2017). Teacher communities as a context for professional development: A systematic review. Teaching and Teacher Education, 61, 47-59.

Widodo, A., Supardi, K. I., & Suyoto. (2019). Peningkatan produktivitas guru dalam penulisan karya ilmiah melalui pelatihan dan pendampingan berkelanjutan. Jurnal Abdimas, 23(2), 182-191.

Zeichner, K. (2010). Rethinking the connections between campus courses and field experiences in college-and university-based teacher education. Journal of teacher education, 61(1-2), 89-99.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i7.2592-2599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.